Share

Punya Orang Terdekat Ingin Coba Bunuh Diri? Ini 3 Hal yang Harus Anda Lakukan

Pradita Ananda, Okezone · Jum'at 15 Juli 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 612 2630321 punya-orang-terdekat-ingin-coba-bunuh-diri-ini-3-hal-yang-harus-anda-lakukan-AwCvqjDmZM.JPG Ilustrasi depresi, (Foto: Freepik)

BINTANG Crazy Rich Asians, Constance Wu muncul jadi buah bibir terkait pengakuan dirinya yang sempat ingin bunuh diri sekitar tiga tahun lalu, akibat menjadi korban perundungan di sosial media.

Situasi ketika orang mengalami kesedihan mendalam, depresi, dan masalah mental lainnya hingga sampai berpikir untuk mengakhiri hidupnya sendiri ini tak bisa ditampik kini semakin bisa sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Sayangnya, mungkin sebagian besar orang merasa bingung harus melakukan apa jika memiliki teman, sahabat, atau mungkin sanak keluarga yang berniat untuk bunuh diri. Apa yang harus kita lakukan? Melansir MayoClinic, Jumat (15/7/2022) berikut tiga hal yang harus Anda lakukan jika ada pada situasi seperti ini.

1. Mulai dengan bertanya: Langkah pertama adalah mencari tahu apakah orang tersebut dalam bahaya atau tidak. Tetap berempati, tetapi ajukan pertanyaan langsung, contohnya ’bagaimana kamu menghadapi apa yang terjadi dalam hidupmu?, pernahkah merasa ingin menyerah begitu saja?, Apakah kamu berpikir tentang kematian, apakah berpikir untuk menyakiti diri sendirib atau bunuh diri, pernahkah sebelumnya berpikir untuk bunuh diri atau mencoba melukai diri sendiri sebelumnya, apakah kamu punya akses ke senjata atau benda-benda yang bisa dipakai sebagai senjata untuk melukai diri sendiri?. Bertanya tentang pikiran atau perasaan untuk bunuh diri tidak akan mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang merusak diri sendiri. Justru, momen ini untuk membicarakan perasaan bisa mengurangi risiko bertindak berdasarkan perasaan ingin bunuh diri.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

2. Perhatikan sinyal bahaya: Sebagai salah satu orang terdekat, usahakan kita jangan cuek. Perhatikan beberapa tanda umum yang bisa jadi sinyal peringatan, misalnya orang tersebut membahas tentang bunuh diri, membuat pernyataan seperti "saya akan bunuh diri", "saya berharap mati" atau "saya berharap saya tidak dilahirkan". Tanda lain misalnya, orang tesebut membeli benda yang bisa menjadi senjata, atau menimbun pil obat-obatan. Terakhir, perhatikan juga ketika orang yang bersangkutan menarik diri dari lingkungan sosial dan ingin dibiarkan sendiri.

3. Segera cari bantuan: Jika melihat seseorang melakukan percobaan bunuh diri, segera cari bantuan dan jangan tinggalkan orang itu sendirian. Hubungi polisi, rumah sakit, atau nomor darurat. Jika memang keadaannya memungkinkan, bisa bawa sendiri orang tersebut ke ruang gawat darurat rumah sakit terdekat. Kemudian, cari tahu apakah orang tersebut berada di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan, atau malah bisa saja mungkin telah overdosis. Jika ini terjadi pada teman atau sanak keluarga, disarankan jangan mencoba menangani situasi itu sendirian. Disarankan untuk segera mencari bantuan dari profesional terlatih secepat mungkin, mengingat kemungkinan teman atau keluarga kita ini perlu dirawat di rumah sakit.

 BACA JUGA:Potret Momen Bahagia Keluarga Gen Halilintar Bertemu Ameena

BACA JUGA:Viral Pasutri Beda 20 Tahun, Istri Lebih Tua dari Mertua

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini