Share

3 Mitos Salah soal Madu, Salah Satunya soal Dikerbungi Semut

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 16 Juli 2022 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 612 2630613 3-mitos-salah-soal-madu-salah-satunya-soal-dikerbungi-semut-cD9fjcR95I.jpg Ilustrasi Madu. (Foto: Shutterstock)

MENGONSUMSI madu setiap hari dipercaya mampu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh. Madu dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan dan menjadi alternatif pemanis makanan.

Nutrisi dan vitamin dalam madu baik untuk menjaga imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi madu secara rutin, tubuh akan menjadi fit dan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Banyaknya manfaat yang dimiliki madu membuat komoditas itu rentan dengan pemalsuan. Alih-alih ingin sehat, mengkonsumsi madu palsu justru menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh seperti diabetes, jantung, dan berbagai penyakit lainnya.

Salah satu cara untuk mengetahui keaslian madu secara ilmiah tentu dengan pengujian lab untuk mengetahui adanya enzim diastase. Keberadaan enzim diastase biasanya ditunjukkan dengan bukti gas dan busa pada madu.

Madu

Agar tidak terjebak dengan mitos keaslian madu yang sering beredar, simak tiga tips memeriksa keaslian madu yang telah dijelaskan oleh Andoni Pridatama selaku Brand Owner dari Sarang Maduku seperti diansir dari Antara.

โ€œUntuk mendapat manfaat terbaik, Anda dapat mengkonsumsi madu pada pagi hari sebelum makan sebanyak dua sendok dan sebelum tidur sebanyak dua sendok," katanya.

Madu asli tidak akan dikerubungi semut

Ini adalah salah satu cara menandakan keaslian madu yang salah. Pada kenyataannya, madu mengandung glukosa dan fruktosa yang pasti diminati semut, meskipun tidak semua madu disukai semut. Hal ini dikarenakan setiap madu memiliki kandungan yang berbeda-beda tergantung dari pohon sumber nektar dimana lebah penghasil madu mencari makan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Madu asli tidak akan beku ketika dimasukkan dalam kulkas

Meskipun tidak cair seperti air, madu juga memiliki kandungan air yang tentu saja akan mengalami kristalisasi atau mengental jika disimpan di dalam kulkas. Masyarakat sering salah memahami kristalisasi madu ini sebagai madu palsu. Padahal ini adalah reaksi alami madu ketika disimpan di kulkas dan bergantung pada seberapa tinggi kandungan fruktosanya.

Madu asli memiliki warna yang pekat dan tidak berubah warna

Warna madu tidak ada kaitannya dengan keaslian madu namun ada kaitannya dengan sumber pohon nektar dan khasiatnya. Warna madu yang berasal dari nektar pohon mahoni misalnya, memiliki warna, kandungan, dan khasiat yang berbeda dengan madu yang dihasilkan dari pohon randu.

Masyarakat terkadang juga sering salah memahami perbedaan antara madu mentah (raw honey) dan madu olahan. Madu mentah adalah madu yang diambil langsung dari madu hutan liar atau peternakan dan tidak dilakukan proses pasteurisasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini