Share

Ayah Bunda, Yuk Ikuti Tips Ini Biar Tidak Gampang Emosi saat Mengasuh Anak

Syifa Fauziah, Okezone · Sabtu 16 Juli 2022 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 612 2630721 ayah-bunda-yuk-ikuti-tips-ini-biar-tidak-gampang-emosi-saat-mengasuh-anak-USmlVAcHsz.jpg Ilustrasi tips tidak gampang emosi saat mengasuh anak. (Foto: Freepik)

KETIKA ayah bunda sudah dikaruniai anak, tentu menjadi hal yang sangat membahagikan. Akan diberikan segalanya yang terbaik untuk anak mereka; mulai kasih sayang, pendidikan, hingga kebutuhan lainnya.

Namun menjadi seorang ayah atau bunda pastinya tidak mudah. Apalagi dengan tingkah laku anak yang kadang membuat orangtua merasa emosi, pasti itu menjadi tantangan sendiri.

Baca juga: Viral! Hari Pertama Jadi Pegawai Nagita Slavina, Karyawan Minuman Ringan Ini Diguyur Bonus Jutaan 

Artis sekaligus psikolog Alsi Mega Marsha Tengker atau yang akrab disapa Caca Tengker mengakui untuk menjadi orangtua yang bisa mengelola emosinya memang tidak mudah bila tidak menyadari perasaan yang muncul.

"Kadang emosi itu suka mengganggu di waktu-waktu kita yang enggak diharapkan dan kemudian bikin kita jadi menyesal, tapi bingung juga untuk memperbaikinya. Tapi perjalanan kita itu akan selalu berharga kok," ujar Caca dalam Instagram Story-nya, Sabtu (16/7/2022).

Baca juga: Vitamin D Punya Segudang Manfaat, Dokter: Kebutuhannya Meningkat di Masa Pandemi 

Menurut dia, hal yang penting untuk menahan emosi saat anak melakukan sesuatu adalah menyadari kalau perilaku tersebut tidak baik.

"Dengan kita tahu kalau emosi kita suka mengganggu karena bikin kita berperilaku tidak sesuai keadaaan jadinya bisa jadi pengingat kalau ada sesuatu yang perlu diubah. Kesadaran itu yang penting untuk langkah awal," tuturnya.

Caca menambahkan, ketika orangtua sudah menyadari perasaan dan mengakui keberadaan si anak, maka perlu memberikan waktu agar perasaan itu benar-benar bisa dirasakan.

"Berikan jeda waktu diri sendiri ketika ada perasaan besar yang mau lewat. Ketika sudah dirasakan, perasaan itu relatif cepat berlalu, jadi enggak perlu jadi perilaku yang merugikan," jelasnya.

Baca juga: Dokter Reisa: Puncak Covid-19 BA.4 dan BA.5 Diprediksi Minggu Ketiga Juli, Capai 20 Ribu Kasus 

Baca juga: Dokter: Diet Belum Tentu Harus Makan Sedikit, Lihat Kondisi Kesehatan Masing-Masing 

Guna bisa menyadari perasaan ini, lanjut Caca, sebaiknya baik ayah bunda harus coba mencukupkan kebutuhan dasar seperti makan, minum, dan istirahat yang cukup. Selain itu juga harus tarik napas ketika ada perasaan emosi yang sedang besar.

"Berikan waktu untuk diri sendiri memproses perasaan dan pengalaman yang dialami. Dan yang terakhir adalah latihan merespons sesuai dengan situasi dan kondisi yang tepat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini