Share

Jenis-Jenis Asuransi dan Pentingnya Memilikinya

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Minggu 17 Juli 2022 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 17 12 2631152 jenis-jenis-asuransi-dan-pentingnya-memilikinya-hBWzCmXqQI.jpg Foto: Dok Freepik

Asuransi kini bukan hal yang asing lagi bagi banyak orang. Meski asuransi sudah populer, tapi mayoritas penduduk di Indonesia belum banyak yang mempunyai asuransi. Dengan banyaknya jenis-jenis asuransi yang ditawarkan, tak jarang masyarakat bingung memahami manfaat dari masing-masing asuransi. Nah, agar Anda lebih memahami manfaat asuransi, sebaiknya kenali dulu apa itu asuransi beserta jenis-jenis asuransi pada artikel di bawah ini.

 

1. Asuransi Jiwa

Asuransi ini akan memberi Anda keuntungan finansial saat menderita cacat tetap sebagian atau total karena kecelakaan atau penyakit dan juga saat kematian. Sebelum Anda memilih asuransi jiwa, sebaiknya pahami dulu sistem yang ditawarkan. Sebab, ada penyedia asuransi dengan sistem pembayaran setelah kematian dan ada juga yang membolehkan pemegang polis untuk mengklaim dana asuransinya sebelum kematian.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang cukup populer. Asuransi kesehatan akan mencakup masalah kesehatan serta melindungi finansial Anda. Asuransi ini akan menanggung biaya mulai proses perawatan saat sakit hingga sembuh. Anda bisa memilih jenis polis sesuai dengan kemampuan finansial. Contohnya, jika Anda ingin membeli asuransi kesehatan, Anda bisa memilih produk asuransi yang hanya mencakup rawat inap atau rawat jalan saja.

3. Asuransi Pendidikan

Menyiapkan dana pendidikan untuk anak dengan asuransi pendidikan merupakan salah satu pilihan tepat untuk proteksi dana pendidikan anak. Biasanya asuransi ini bisa digabungkan dengan proteksi jiwa yang akan melindungi dana pendidikan anak jika orang tua meninggal mendadak atau cacat total sehingga tidak mampu mencari nafkah. Ada pula asuransi pendidikan berupa unit link, yang merupakan gabungan antara investasi pendidikan anak dan asuransi jiwa.

4. Asuransi Kendaraan

Selain kesehatan, pendidikan dan asuransi jiwa, kendaraan yang Anda miliki juga perlu diproteksi dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan atau kehilangan. Membeli premi asuransi kendaraan bisa memberikan perlindungan finansial jika Anda dihadapkan pada situasi dan risiko kerusakan kendaraan.

5. Asuransi Hari Tua

Asuransi hari tua adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan serta jaminan kepada pemegang polis saat usia pensiun. Usia pensiun yaitu ketika Anda sudah tidak produktif lagi dan tidak bisa menghasilkan uang. Dengan mendaftar asuransi hari tua, ini akan membantu Anda untuk menyiapkan dana pensiun di hari tua, terlebih jika Anda yang tidak mendapat uang pensiun dari tempat kerja.

Asuransi hari tua bisa memberikan manfaat yang lebih banyak dari tabungan biasa. Anda bisa merancang masa pensiun dengan asuransi hari tua dan besaran preminya bisa dipilih sesuai dengan kemampuan finansial.

Itulah jenis-jenis dan pentingnya asuransi. Anda juga harus mempelajari semua tentang pencairan polis karena tiap asuransi punya metode pencairan berbeda-beda.

Sekarang, membeli asuransi makin mudah karena Anda bisa membelinya di Shopee. Shopee adalah platform belanja online (e-commerce) yang akan memberimu pengalaman transaksi jual-beli online secara aman, mudah dan cepat. Di Shopee, Anda bisa menikmati berbagai promo menarik, mulai dari diskon, gratis ongkir, cashback, dan beragam promo menarik lainnya.

Anda bisa membeli asuransi di Shopee dengan cara mendownload aplikasi Shopee di App Store atau Google Play Store. Agar bisa bergabung, Anda cukup download aplikasi Shopee melalui gadget dan selanjutnya tinggal ikuti langkah berikutnya. So, tunggu apalagi? Temukan asuransi sesuai kebutuhanmu di Shopee. Yuk miliki asuransi agar bebas dari risiko dan kecemasan di masa depan.

CM

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini