Share

Mengenal 5 Jenis Steak yang Umum di Indonesia, Mana Favoritmu?

Tim Okezone, Okezone · Senin 18 Juli 2022 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 298 2631845 mengenal-5-jenis-steak-yang-umum-di-indonesia-mana-favoritmu-NkPj5xS4mO.jpg Steak. (Foto: Highend)

SALAH satu cara mengolah daging sapi ala negara Barat adalah steak. Sudah ada sejak abad ke-15, steak memang menjadi makanan favorit banyak orang.

Terbuat dari daging sapi yang diolah dengan cara dipanggang, steak biasanya dihidangkan dengan mashed potato dan berbagai saus barbeque serta salad sayuran segar seperti asparagus dan kentang.

Meski identik dengan daging sapi, steak dapat terbuat dari berbagai jenis daging termasuk daging ayam dan ikan. Bahkan saat ini banyak yang memanfaatkan tempe dan mengolahnya menjadi steak yang lezat.

Sementara untuk steak sapi, jenis daging yang digunakan cukup banyak dan bervariasi. Perbedaan potongan daging dapat memengaruhi karakteristik hingga segi tekstur, rasa, dan nutrisi.

Agar tidak bingung dan salah dalam memilih steak yang sesuai dengan selera Anda, berikut adalah beberapa jenis daging steak dan perbedaannya yang perlu Anda ketahui.

Wagyu

Steak

Salah satu jenis daging dari sapi Jepang ini memiliki warna yang lebih putih dibandingkan daging sapi lainnya. Wagyu memiliki lemak dan marbling yang baik dan jauh lebih berlimpah ketimbah daging sapi lain, hal ini membuat daging wagyu memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang lembut serta juicy. Kualitas dan cita rasanya yang mewah membuat daging wagyu ini dibandrol dengan harga yang tinggi di pasaran.

Sirloin

Steak

Anda tentu sudah tidak asing mendengar jenis daging steak yang satu ini. Daging sirloin merupakan daging yang terletak di bawah iga dan di bagian luar dari bagian daging tenderloin. Memiliki harga yang tergolong murah, jenis daging sirloin ini memiliki rasa yang cukup gurih dan juicy namun sedikit bertekstur keras.

Tenderloin

Steak

Sama seperti sirloin, tenderloin merupakan jenis daging sapi yang tentu sudah sering Anda temukan di restoran-restoran steak pada umumnya. Jika sirloin terletak di bagian bawah iga, tenderloin merupakan daging has dalam yang terletak pada bagian tengah sapi.

Jenis daging ini juga biasa disebut red fillet atau fillet mignon. Dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi ketimbang sirloin, tenderloin memiliki tekstur yang lembut dan empuk ketimbang potongan daging lain.

Rib Eye

Steak

Rib eye adalah jenis daging yang berasal dari potongan tulang rusuk sapi. Rib eye juga biasa disebut fillet scotch steak. Daging jenis ini memiliki tekstur yang juicy dan beraroma kuat karena mengandung lemak yang cukup banyak. Di pasaran, rib eye juga dibandrol dengan harga yang terbilang cukup mahal.

T- Bone

Steak

Seperti namanya, daging jenis ini memiliki bentuk tulang seperti huruf T yang dilapisi oleh daging. Biasa disebut porterhouse, T-bone berasal dari ujung tebal pinggang pendek sapi yang masih menyisakan tulang T-bone dan memiliki potongan yang lebih besar dari steak pada umumnya.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini