Share

6 Minuman Penurun Kolesterol yang Mudah Dibuat

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 19 Juli 2022 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 298 2631871 6-minuman-penurun-kolesterol-yang-mudah-dibuat-c1UE1fPZLZ.jpg Ilustrasi Just Tomat. (Foto: Shutterstock)

ADA 6 minuman penurun kolesterol yang mudah dibuat dan cocok untuk meredakan gejala kolesterol. Kolesterol merupakan zat lilin yang digunakan tubuh untuk membuat sel dan hormon. Kolesterol secara umum ada dua jenis, yakni High-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL).

Saat kadar kolesterol tidak sehat, dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan yang serius, seperti stroke atau serangan jantung. Untuk mengobatinya umumnya dokter akan memberikan resep yang wajib diminum setiap hari oleh penderita.

Namun tak sedikit penderita yang berusaha mencoba berbagai cara alternatif menurunkan kadar kolesterol. Salah satu caranya adalah dengan meminum minuman yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol.

Lantas, apa saja minuman penurun kolesterol yang bisa digunakan sebagai alternatif? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman berikut ini, seperti dilansir oleh medicalnewstoday, antara lain:

Teh Hijau

Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang dipercaya dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan kadar kolesterol total. Dalam sebuah studi tahun 2015 yang dimuat dalam Journal of Translational Medicine, para ilmuwan memberi tikus air minum yang diresapi dengan katekin dan epigallocatechin gallate, antioksidan bermanfaat lainnya dalam teh hijau.

Setelah 56 hari, para ilmuwan melihat pada dua kelompok tikus yang diberi diet tinggi kolesterol, kadar kolesterol dan LDL telah berkurang sekitar 14,4 persen dan 30,4 persen. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk menyelidiki ini.

Sementara, untuk teh hitam diketahui juga dapat berdampak positif pada kolesterol, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada varian hijau. Sebab jumlah katekin yang berbeda dalam teh berarti bahwa tubuh menyerap cairan secara berbeda.

Susu kedelai

Susu kedelai adalah susu rendah lemak jenuh. Sebagai pengganti krim atau produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai atau krimer diketahui dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram (g) protein kedelai per hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, lebih baik mengkonsumsi kedelai dalam bentuk utuh dan diproses secara minimal atau tanpa tambahan gula, garam, dan lemak.

Smoothie susu nabati

Terdapat banyak jenis susu nabati yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol. Penderita dapat membuat smoothie dengan menggunakan susu kedelai atau susu gandum.

Buat smoothie kedelai atau oat dengan mencampurkan 1 cangkir atau setara 250 ml susu kedelai atau oat dengan buah atau sayuran penurun kolesterol, seperti:

1 pisang

1 genggam anggur atau plum

1 potong mangga atau melon

2 buah plum kecil

1 cangkir kangkung atau lobak Swiss

2/3 cangkir labu

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Jus tomat

Tomat mengandung banyak senyawa yang disebut likopen, yang dapat membantu meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat. Tak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus meningkatkan kandungan likopennya. Jus tomat juga kaya serat sebagai penurun kolesterol dan niasin.

Sebuah studi tahun 2015 yang dimuat dalam sciencedirect, menemukan bahwa 25 wanita yang minum 280 ml jus tomat setiap hari selama 2 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol darah. Para peserta berusia 20 hingga 30 tahun dan memiliki skor indeks massa tubuh minimal 20.

Smoothie beri

Banyak buah beri kaya akan antioksidan dan serat, yang keduanya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Secara khusus, anthocyanin, agen antioksidan yang banyak terkandung dalam buah beri, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol. Buah beri juga rendah kalori dan lemak.

Kamu bisa membuat smoothie beri dengan mencampurkan dua genggam atau sekitar 80 g buah beri apa pun dengan setengah cangkir susu rendah lemak atau yogurt dan setengah cangkir air dingin.

Contoh buah beri yang cocok untuk menurunkan kolesterol meliputi:

- Stroberi

- Bluberi

- Blackberry

- Raspberi

Minuman yang mengandung sterol dan stanol

Sterol dan stanol merupakan bahan kimia tanaman yang bentuk dan ukurannya mirip dengan kolesterol yang menghalangi penyerapan beberapa kolesterol. Hanya saja, sayuran dan kacang-kacangan mengandung kadar sterol dan stanol yang rendah sehingga tidak dapat menurunkan kolesterol.

FDA menyatakan bahwa kebanyakan orang harus mencoba mengonsumsi 1,3 g atau lebih sterol dan 3,4 g stanol per hari untuk mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini