Share

3 Cara Mudah Mengatasi Sakit Telinga, Gak Pakai Ribet!

Kevi Laras, MNC Portal · Senin 18 Juli 2022 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 612 2631725 3-cara-mudah-mengatasi-sakit-telinga-gak-pakai-ribet-maQ0XuczDI.jpg Ilustrasi Sakit Telinga. (Foto: Shutterstock)

TELINGA kita memang memiliki bentuk yang unik, sehingga kotoran telinga yang ada bisa bergerak dan keluar dengan sendirinya. Oleh karena itu, kotoran telinga ini tidak perlu dibersihkan secara berkala keculai ada penyumbatan.

Ketika ada penyumbatan, bisa saja terjadi pembengkakan di saluran eustachius. Meskipun tidak selalu menandakan kondisi serius, sakit telinga sangat mengganggu.

Umumnya, sakit telinga tidak perlu menemui dokter karena seringkali sembuh dengan sendirinya dalam 3 hari. Berikut ini cara awal mengobati sakit telinga, sendiri di rumah, telah dirangkum dari berbagai sumber, antara lain:

Pijat Daun/Area Luar Telinga

Saat rasa sakit muncul di sekitar rahang gigi atau akibat dari sakit kepala karena tegang, maka bisa memijat otot-otot di area yang terasa sakit. Misalnya, jika Anda merasakan sakit telinga bagian belakang, cobalah untuk memijat otot rahang dan juga leher.

Pemijatan dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat infeksi telinga. Hal ini dilakukan untuk mengalirkan cairan berlebih dari telinga yang terasa sakit.

Telinga

Obat Penghilang Rasa Sakit

Gunakan obat penghilang rasa sakit, pereda nyeri dijual bebas seperti ibuprofen (Advil) dan acetaminophen (Tylenol). Bila setelah melakukan langkah pengobatan sendiri, dalam 3 hari tidak ada perubahan, maka anda perlu datang ke dokter.

"Sebagian besar infeksi telinga sembuh dalam 3 hari, meskipun terkadang gejalanya bisa bertahan hingga seminggu," keterangan dalam website resmi NHS.

Sementara, Mayo Clinic menyarankan agar tidak melakukan pengobatan secara alami atau sendiri karena dianggap berbahaya. "Pengobatan infeksi telinga alternatif umumnya tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak-anak, beberapa memiliki efek samping yang berbahaya atau dapat mengganggu pengobatan konvensional," keterangan dalam website resmi Klinik Mayo.

Kompres hangat

Salah satu cara atasi rasa sakit telinga di rumah yaitu mengompres dengan air hangat atau dingin, dengan kain di area luar telinga. Bisa juga hilangkan kotoran dengan menyeka telinga dengan kapas dapat mengurangi rasa sakit.

Disarankan berdiri atau menjaga kepala tetap tegak saat duduk dapat membantu mengeringkan telinga. Namun, bila kondisi telinga seperti ini, maka segera hubungi/datang ke dokter.

- Suhu badan sangat tinggi atau terasa panas dan menggigil

- Sakit telinga tidak kunjung sembuh setelah 3 hari

- Bengkak di sekitar telinga

- Ada cairan yang keluar dari telinga

- Gangguan pendengaran atau perubahan pendengaran

- Gejala lain, seperti sakit, sakit tenggorokan parah atau pusing

- Infeksi telinga biasa

- Kondisi medis jangka panjang, seperti diabetes atau penyakit jantung, paru-paru, ginjal, atau saraf

- Sistem kekebalan yang melemah karena kemoterapi (mungkin saja).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini