Share

8 Jenis Vitamin dan Suplemen Terbaik untuk Pertumbuhan Rambut, Cegah Kerontokan!

Gita Chaerani, Okezone · Selasa 19 Juli 2022 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 611 2631950 8-jenis-vitamin-dan-suplemen-terbaik-untuk-pertumbuhan-rambut-cegah-kerontokan-XlKRo4V8O4.jpg Pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat (Foto: Bebeautiful)

PERTUMBUHAN rambut yang sehat membutuhkan banyak vitamin dan suplemen. Lantas, apakah konsumsi vitamin dan suplemen sekali atau dua kali sehari akan membuat rambut lebih kuat dan sehat?

Kurang vitamin dan nutrisi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Meski mengonsumsi vitamin dan suplemen tidak memberikan hasil instan, namun dapat memberi perbedaan dalam hal pertumbuhan rambut.

Berikut ini adalah jenis vitamin terbaik dan suplemen untuk membantu pertumbuhan rambut dan mencegahnya mengalami kerontokan yang direkomendasikan Dermatologis kosmetik di New York, Michele Green, M.D, dikutip dari Forbes, Selasa (19/7/2022). 

Perawatan Rambut

1. Vitamin B

Dr Green menguungkapkan, vitamin B kompleks berperan dalam pertumbuhan rambut dan penting untuk metabolisme. Mengonsumsi vitamin B dengam makanan yang seimbang dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian. Vitamin B terkandung dalam biji-bijian, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan alpukat.

2. Biotin

Biotin adalah vitamin B kompleks yang sering disebut memiliki manfaat untuk pertumbuhan rambut. Kebanyakan orang menerima cukup biotin dari makanan yang mereka konsumsi. Makanan yang mengandung biotin yaitu susu, telur, pisang, salmon, ubi, dan almond.

3. Vitamin C

Vitamin C

Vitamin C tidak hanya baik untuk menjaga kekebalan tubuh, tetapi juga dapat membuat rambut lebih kuat. Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat karena terdapat antioksidan, ungkap Dr  Green.

BACA JUGA : 6 Cara Tepat Menyisir Rambut yang Kusut agar Terurai

4. Zat Besi

Zat besi juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut. Rekomendasi makanan yang tinggi zat besi seperti kerang, daging merah, dan bayam.

5. Keratin

Keratin adalah protein yang membentuk rambut, kulit, dan kuku. Banyak suplemen keratin yang mengklaim  dapat membantu pertumbuhan rambut. Namun, mengonsumsi keratin dari cara alami lebih baik, seperti mengosumsi telur, kacang-kacangan, ikan, dan daging.

BACA JUGA : 3 Bahan Penting dalam Produk Perawatan Rambut yang Tak Boleh Diabaikan

6. Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ketika tubuh tidak memiliki cukup vitamin D, keratin di folikel rambut akan mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan nutrisi rambut yang mengakibatkan kerontokan.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

7. Zink

Zink hanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. Peran zink sangat kuat mulai dari pertumbuhan hingga pembuatan DNA. Makanan yang mengandung zink yaitu daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

8. Vitamin A

Vitamin A mungkin dapat membantu pertumbuhan rambut, namun mengonsumsinya terlalu banyak justru menyebabkan kerontokan pada rambut. Maka dari itu, konsumsi vitamin A dengan sewajarnya sesuai kebutuhan. Makanan yang kaya akan vitamin A seperti sayuran hijau, wortel, labu, dan ubi.

Suplemen untuk pertumbuhan rambut

1. Nutrafol

Nutrafol adalah suplemen yang dibuat untuk mendorong pertumbuhan rambut, membuatnya lebih tebal dan kuat, serta mengurangi kerontokan. Dr. Green menambahkan bahwa nutrafol mengandung semua bahan alami yang mencegah penipisan rambut seperti stre, DHT, dan kekurangan nutrisi.

2. Viviscal

Viviscal tidak hanya mnyediakan produk suplemen, namun juga menyediakan produk perawatan rambut termasuk shampoo dan conditioner. Dr. Green merekomendasikan viviscal sebagai pilihan baik untuk pertumbuhan rambut.

3. Hum Nutrition’s Hair Sweet Hair

Hum Nutrition’s Hair Sweet Hair dirancang untuk membuat rambut lebih kuat dan sehat. Dr. Green merekomendasikan ini karena mengandung biotin, asam folat, vitamin B12, dan zink.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini