Share

Ini Dia Makanan Penurun Kolesterol yang Harus Anda Coba

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 20 Juli 2022 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 298 2633088 ini-dia-makanan-penurun-kolesterol-yang-harus-anda-coba-1d3198txIL.jpg Ilustrasi Makanan Penurun Kolesterol. (Foto: Shutterstock)

ADA makanan penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi ketika kolesterol tinggi kumat. Kolesterol yang tinggi bisa diturunkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang mampu menrunkan kadarnya.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan beberapa gangguan fungsi dalam tubuh Anda. Seperti penyakit jantung dan stroke. Namun, kolesterol dengan jumlah yang kecil justru bermanfaat bagi tubuh.

Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol, yuk coba 10 makanan penurun kolesterol ini.

Gandum yang masih utuh

Harvard Health Publishing menuliskan jika gandum utuh mengundung serat larut dengan jenis beta-glukan yang mampu menjaga kesehatan metabolisme tubuh dan mampu menurunkan kolesterol yang tinggi. Makanan dengan jenis gandum utuh antara lain oeatmeal, tepung oat, dan juga bubuk oat.

Makanan penurun kolesterol

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung asam lemak tak jenuh gAnda dan tunggal. Bukan hanya itu saja, kacang-kacangan juga mengandung vitamin, serat, antioksidam, dan asam lemak omega-3 yang mampu mempengaruhi kadar kolesterol. Contoh kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi antara lain kacang walnut, kenari, dan almond.

Kedelai

Produk kedelai seperti edamame, tahu, tempe, dan susu kedelai memiliki kandungan antioksidan, serat, dan juga estrogen yang tinggi sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Alpukat

Buah dengan daging yang lembut ini kaya akan lemak tak jenuh, serat, nutrisi fitosterol, dan polifenol yang bertugas dalam penurunan kolesterol jahat.

Ikan yang berlemak

Lemak yang dimaksud adalah lemak baik yang terkandung dalam ikan salmon dan mackere. Ikan dengan lemak baik megandung omega 3 yang berfungsi sebagai pelancar aliran darah dan melindungi kesehatan jantung.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi, pokcoy, dan lain-lain mengandung zat lutein yang diklaim mampu mencegah pembentukan plak di dalam dinding pembuluh darah arteri. Sehingga mampu mencegah kenaikan kolesterol.

Bawang putih

Senyawa alicin yang terkandung dalam bumbu dapur ini dapat mengotrol tekanan darah agar lebih stabil. Bukan hanya itu saja, bawang putih juga berperan dalam penurunan kolesterol jahat.

Buah apel, anggur, dan jeruk

Dilansir dari laman Healthline, buah apel, anggur, dan jeruk memiliki kandungan zar yang mampu mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol.

Cokelat

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang ada di dalam coklat cukup tinggi. Kolesterol jahat bisa dibasmi dengan memakan coklat. Namun, pastikan tidak makan coklat secara berlebihan ya.

Buah Beri

Buah beri-berian seperti strawberry, blueberry, rasberry, dan lain-lain memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Bahkan kandungannya mampu melawan kolesterol jahat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini