Share

Viral Masak Iga Bakar Diikat dengan Tali Rafia Jadi Sorotan, Begini Kata Chef Yuda Bustara

Syifa Fauziah, Okezone · Rabu 20 Juli 2022 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 298 2633227 viral-masak-iga-bakar-diikat-dengan-tali-rafia-jadi-sorotan-begini-kata-chef-yuda-bustara-pRqxLdjLVl.jpg Iga bakar diikat pakai tali rafia (Foto: Twitter/@SatriaDvvi)

SAAT ini tren kuliner semakin berkembang. Berkat media sosial banyak jenis makanan yang viral dan diincar oleh para penikmatnya.

Tak hanya rasanya yang enak, lokasi, cara memasak dan penyajian dalam makanan tentunya kerap mencuri perhatian. Baru-baru ini sebuah cuitan di Twitter viral lantaran menunjukkan cara memasak iga bakar yang diikat dengan tali rafia.

Iga Bakar

"oke rafia food grade," tulis pemilik akun satriadvvi.

Dia mengunggah dua foto yang merupakan tangkapan layar dari sebuah video milik food vlogger Kokobuncit. Foto pertama penampakan iga bakar yang diikat dengan tali rafia, kemudian di foto kedua merupakan komentar dari netizen yang menyoroti penggunaan tali rafia di iga dan dibakar menggunakan fan.

BACA JUGA : Resep Iga Bakar Sambal Bawang, Rayakan Tahun Baru 2022 di Rumah Makin Seru!

Banyak netizen yang mengaggap cara tersebut justru berbahaya sebab banyak kandungan bahan kimia yang terdapat pada tali rafia. Ketika terkena panas, otomatis tali rafia meleleh.

BACA JUGA : Kulineran Lagi, Tiara Andini Cicipi Iga Bakar dan Coto Makassar

Celebrity Chef, Yuda Bustara juga ikut menyoroti berita yang sedang viral tersebut. Dia mengatakan proses pembakaran daging iga dengan metode diikat menggunakan tali rafia tidak aman.

"Pastinya nggak aman karena rafia rata-rata dari plastik jadi kalau itu saya lihat di grill langsung rafianya ke panci dan bisa saja meleleh," ujar Chef Yuda saat dihubungi MNC Portal melalui sambungan telepon, Rabu (20/7/2022).

Dia melihat cara mengikat daging itu sebenarnya untuk membuat daging iga tidak lepas dari tulangnya. Namun bila diikat dengan tali rafia saat kena panas akan meleleh dan ikut masuk ke makanannya.

Chef Yuda pun memiliki opsi lain saat akan membakar daging iga tanpa harus menggunakan tali rafia, yaitu menggunakan tali ikat daging yang food grade.

"Opsinya cari daging yang sudah diikat atau yang matang jadi nggak perlu diikat. Atau kalau mesti diikat cari tali yang food grade yang aman ketika kena pemanasan," tutup Chef Yuda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini