Share

Podcast Aksi Nyata: Tommy Tjokro Beberkan Proses di Balik Layar Pemberitaan

Siska Permata Sari, Okezone · Rabu 20 Juli 2022 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 612 2633234 podcast-aksi-nyata-tommy-tjokro-beberkan-proses-di-balik-layar-pemberitaan-zXcrrE00fI.JPG Tommy Tjokro di Podcast Aksi Nyata, (Foto: Tangkapan layar YT Partai Perindo)

PODCAST Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia selalu hadir membahas topik-topik seru bersama para pakarnya. Nah, kali ini, Podcast Aksi Nyata dari Partai Perindo mengulik soal proses pembuatan berita di balik layar.

Dalam bahasan kali ini, Podcast Aksi Nyata mengundang News Anchor ternama sekaligus Chief of Content Buddyku, Tommy Tjokro. Berpengalaman menjadi seorang jurnalis, Tommy Tjokro berbagi cerita di balik layar proses penyajian berita dari awal hingga disajikan di layar kaca kepada penonton.

Tommy mengatakan, dalam penayangan sebuah berita di sebuah media, seperti televisi, terdapat suatu proses yang cukup panjang. Mulai dari meeting, terjun ke lapangan, liputan, mewawancarai narasumber, menangkap visual berita, hingga proses editing.

“Kalau di kantor berita sendiri kan, sudah punya sistem. Jadi, enggak mungkin wartawan atau reporter dilepas sendiri. Artinya, setiap minggu pasti berawal dari meeting agenda setting, ini menentukan kita seminggu ke depan mau mainin (isu atau topik) apa saja,” kata Tommy Tjokro seperti dikutip dalam Podcast Aksi Nyata yang disiarkan langsung di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (20/7/2022).

Setelah itu, barulah hasil meeting tersebut kemudian disosialisasikan kepada tim yang bertugas.

“Memang ada beberapa hal yang ditentuin di awal minggu, ada juga yang harian, karena namanya berita kan berkembang,” ujarnya.

Bila isu atau topiknya sudah ditentukan, tim yang bertugas di lapangan kemudian menjalani liputan sesuai arahan.

“Jadi ada yang namanya tim gathering, ini adalah tim yang sudah mempersiapkan jadwal peliputan teman-teman reporter,” jelas Tommy lagi.

Setelah itu, baru ada proses editing, untuk memastikan bahwa berita itu sudah layak ditayangkan atau disajikan ke masyarakat.

“Memang semua yang dilakukan di lapangan menuju ke show itu membutuhkan waktu kira-kira bisa sampai ya, dua jam pun bisa,” tandas Tommy.

Wah ternyata untuk tayangan berita berapa menit di televisi, membutuhkan proses yang sangat panjang ya!

 BACA JUGA:Podcast Aksi Nyata: 3 Tips Raih Cuan dari Main TikTok

BACA JUGA:Podcast Aksi Nyata: Kenapa Sih Wisata Medis Luar Negeri Bisa Lebih Murah?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini