Share

12 Sayuran Penurun Kolesterol Tanpa Efek Samping

Cita Zenitha, MNC Portal · Kamis 21 Juli 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 298 2633691 12-sayuran-penurun-kolesterol-tanpa-efek-samping-V90vc7xjvB.jpg Ilustrasi Sayuran Penurun Kolesterol. (Foto: Shutterstock)

BERIKUT 12 sayuran penurun kolesterol tanpa efek samping yang dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan, Anda bisa menanamnya sendiri di sekitar rumah agar lebih mudah mengonsumsinya.

Apakah Okezoners termasuk tim yang jarang mengkonsumsi sayur? Jika iya, kebiasaan tersebut perlu untuk diperbaiki. Sayur merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Dengan mengkonsumsi sayur, tubuh menjadi sehat. Tak hanya itu, beberapa jenis sayur ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut adalah 12 sayuran penurun kolesterol yang sangat baik untuk dikonsumsi. Kira-kira adakah jenis sayur favoritmu dibawah ini?

Buncis

Buncis menjadi salah satu sayuran yang harus dikonsumsi secara rutin. Jenis sayuran ini rendah lemak, menetralkan kadar gula darah dan kolesterol.

Bayam

Bayam memiliki lutein tinggi bagus untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol tinggi. Jantung akan terlindungi dari penumpukan lemak jahat yang menghambat peredaran darah.

Sayuran Penurun Kolesterol

Seledri

Banyak orang tidak menyukai jenis sayuran satu ini. Padahal seledri memiliki banyak manfaat untuk menurunkan kolesterol. Seledri biasa dijadikan taburan pada bakso atau mie ayam.

Wortel

Wortel menjadi salah satu sayuran yang mudah ditemukan. Cobalah untuk memasukan wortel pada masakan seperti campuran sop atau bisa juga menjadikannya jus.

Rumput Laut

Mengkonsumsi rumput laut bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Rumput laut dapat dikonsumsi setiap hari baik sebagai sup atau dikeringkan menjadi bubuk untuk taburan.

Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai bumbu masakan yang membuat masakan lebih enak. Dengan mencampurkan bawang putih pada masakan bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Kacang Kedelai

Tekanan darah dan kolesterol dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kacang kedelai. Okezoners bisa mengkonsumsi segala macam olahan kedelai mulai dari susu kedelai, tahu dan tempe.

Terong

Terong menjadi salah satu jenis sayur kaya serat dan dapat melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan penelitian yang dilakukan pada hewan, 10 ml jus terong dapat dapat mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida.

Brokoli

Brokoli bisa menurunkan kolesterol jahat. Selain enak dijadikan sup, brokoli juga enak dijadikan jus.

Kacang Panjang

Kacang panjang sangat bagus untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh karena kaya akan serat. Pada 150 gram kacang panjang terdapat 2,6 gram serat padahal kacang panjang rendah kalori dan lemak.

Kacang Polong

Kacang-kacangan seperti kacang polong berguna untuk menetralkan kadar kolesterol tubuh. Penelitian dari Kanada yang melibatkan 1.000 responden berhasil membuktikan bahwa kacang polong mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 5%.

Kentang

Kandungan serat larut berguna untuk menurunkan kolesterol tubuh. Serat larut terdapat dalam kentang. Bahkan dengan ukuran sedang saja, kentang memiliki sekitar 5 gram serat larut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini