Share

Daripada Anak Sakit, Lebih Baik Bawakan Bekal ke Sekolah

Kevi Laras, MNC Portal · Kamis 21 Juli 2022 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 612 2633601 daripada-anak-sakit-lebih-baik-bawakan-bekal-ke-sekolah-WJh5TzNa3i.jpg Ilustrasi Bekal untuk Anak. (Foto: Shutterstock)

KESEHATAN anak memang menjadi concern paling utama para orangtua. Ketika anak sakit, orangtua pasti khawatir dan segera mencari pertolongan tenaga medis.

Oleh karena itu, mengawasi apa yang dikonsumsi anak memang sangat penting. Bukan cuma di rumah, ketika jajan di luar rumah atau sekolah pun harus tetap diawasi agar kesehatan anak tetap terjaga.

Dinda Yulian Ardiani, S.Gz dari Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional, RSAB Harapan Kita mengatakan, sebenarnya yang perlu menjaga kesehatan anak bukan hanya orangtua, tetapi juga guru dan pihak sekolah. Karenanya, akan lebih baik jika orangtua membawakan anak-anak bekal untuk di sekolah.

Bekal Anak

"Anak diberitahu makanan apakah yang mana boleh dikonsumsi dan tidak. Jadi peran orangtua seharusnya lebih memilih membawakan bekal," ujar Ahli Gizi Dian dalam Siaran Radio Kesehatan, Kamis (21/7/2022).

"Untuk peran orang tua sangat penting ya untuk mengedukasi anak-anak. Sehingga peran guru juga berperan saat di Sekolah," tambah dia.

Menurutnya, banyak penyakit bisa timbul akibat jajanan tidak sehat. Dinda melanjutkan, ketika mengonsumsi makanan tersebut, maka anak bisa mengalami gangguan organ hingga kesehatan pencernaan.

Karenanya, sangat penting bagi orangtua untuk menanyakan apa yang telah dikonsumsi anak-anak di luar rumah. Dengan demikian, penyakit-penyakit serius dapat dicegah sedari dini.

"Kadang-kadang saya tanya pada pasien yang saya temui banyak yang jajan tidak diketahui oleh orangtuanya. Karena penjagaan orangtua bisa berefek ya gangguan organ, ginjal dan lambung," imbuhnya .

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini