Share

Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang, Atasi dengan 5 Cara Ini

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 22 Juli 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 612 2634350 gusi-bengkak-akibat-gigi-berlubang-atasi-dengan-5-cara-ini-jDIwDMfYL7.jpg Ilustrasi Sakit Gigi. (Foto: Shutterstock)

SAKIT gigi terjadi ketika kuman dan bakteri merusak gigi dan membuat gigi bolong. Ketika gigi bolong, maka akan menyebabkan saraf-saraf di gigi bisa rusak dan membuat gusi menjadi bengkak.

Gusi bengkak sendiri, terjadi ketika adanya peradangan pada area gusi akibat bakteri. Semakin dalam lubang pada gigi, maka bakteri juga semakin banyak. Jika lubang sudah mencapai saluran akar, bakteri akan masuk sampai ke ujung akar. Pada ujung akar, bakteri terjebak dan memicu peradangan.

Gusi bengkak tentu saja mengganggu kita beraktivitas. Lantas, apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi yang bengkak akibat gigi berlubang? Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan, seperti dilansir dari KlikDokter:

Gunakan Antibiotik

Pembengkakan pada gusi disebabkan oleh bakteri yang berada di gigi berlubang. Jadi, untuk mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang, bisa menggunakan obat antibiotik. Namun, antibiotik tidak boleh digunakan sembarangan. Kamu harus menggunakannya sesuai dengan resep dokter. Jika tidak, bakteri bisa kebal, sehingga dokter akan memberikan obat pengganti dengan dosis lebih tinggi.

Sakit Gigi

Konsumsi Obat Antinyeri

Penggunaan obat antinyeri bisa menjadi cara mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang. Jika antibiotik bertugas untuk mengatasi sumber infeksi, obat antinyeri akan membantu mengurangi rasa nyeri. Beberapa obat antinyeri yang umum digunakan, di antaranya asam mefenamat, ibuprofen, diklofenak, dan paracetamol.

Namun, perlu kamu ingat, konsumsi antinyeri tanpa antibiotik hanya akan membuat sakit hilang, sedangkan sumber infeksi masih ada. Oleh karena itu, nyeri yang mereda hanya akan berlangsung sementara.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kondisi kesehatan ketika akan mengonsumsi obat antinyeri. Sebab, ada beberapa obat yang justru akan berbahaya jika digunakan bersama-sama. Namun yang jelas, konsumsi obat antinyeri dapat dilakukan bersamaan dengan antibiotik.

Gunakan Obat Kumur

Untuk menghilangkan gusi bengkak akibat gigi berlubang, cara ini juga bisa dilakukan. Menggunakan obat kumur akan membuat proses penyembuhan lebih baik. Selain itu, kandungan antibakteri dalam obat kumur memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan rongga mulut. Gunakanlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol, agar tidak membuat rongga mulut semakin asam.

Mengenai cara berkumur, kamu tinggal mengambil segelas air putih, teteskan obat kumur secukupnya, lalu berkumurlah. Kamu bisa berkumur selama 30 detik dengan meratakan ke seluruh sisi gigi. Lakukan ini minimal sekali sehari. Obat kumur harus dicampurkan dengan air putih. Jika hanya menggunakan obat kumur, gigi berisiko menjadi sensitif karena beberapa bahan akan mengiritasi permukaan gigi.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Kompres Es

Kamu mungkin sering melihat ketika seorang atlet mengalami benturan, tim medis akan menempelkan es batu pada cedera. Sebenarnya, apa fungsi kompres dingin ini? Es pastinya memiliki permukaan yang dingin. Kondisi dingin itulah yang diharapkan sebagai penanganan pertama.

Kondisi dingin akan membuat beberapa pembuluh darah dan saraf seolah terblok. Rasa sakit yang muncul juga akan hilang karena efek dingin tersebut. Oleh sebab itu, kompres dingin bisa menjadi salah satu cara mengobati gusi yang bengkak akibat gigi berlubang.

Kamu tinggal mengompreskan es pada permukaan pipi, tidak perlu hingga menempel ke gusi yang mengalami pembengkakan. Namun, kompres es hanya membantu meringankan sakit secara sementara.

Manfaatkan Air Garam

Garam memiliki manfaat yang sangat banyak selain yodiumnya. Larutan garam memiliki sifat antiseptik yang akan membantu membunuh bakteri. Pada kedokteran gigi, air garam dapat membantu membersihkan lubang bekas pencabutan atau saluran akar.

Oleh karena itu, bumbu yang umum ditemukan di dapur ini diharapkan dapat mengurangi bengkak dan rasa sakit. Cukup larutkan garam pada air hangat, lalu kumurkan larutan tersebut secara merata pada mulut, terutama pada area gusi yang bengkak. Lakukan ini pada pagi hari.

Setelah berkumur, buanglah larutan air garam tersebut. Hindari menelannya. Selain kumur air garam, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa terdapat beberapa bahan dapur yang dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Namun, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya untuk mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang.

Itulah beberapa cara mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang. Jika kiat-kiat di atas tidak membantu, segera periksakan kondisi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini