Share

6 Tanda Hubungan Cinta yang Merusak Mental, Salah Satunya Lega Jika Si Dia Tak Ada!

Putra Syah Norens, Okezone · Jum'at 22 Juli 2022 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 612 2634387 6-tanda-hubungan-cinta-yang-merusak-mental-salah-satunya-lega-jika-si-dia-tak-ada-WMGmTMsCl7.jpg Merasa depresi (Foto: Science news for student )

SETIAP orang ingin memiliki kisah cinta yang indah dan membahagiakan. Namun hidup kadang tak seindah harapan.

Hubungan cinta tak selalu indah, malah kadang bikin merusak mental. Seperti dilansir dari Health Spectra, berikut ini tanda-tanda bahwa hubungan cinta yang kamu jalani bisa merusak kesehatan mentalmu. Apa Saja?

 lagi sedih

1. Kamu jadi jarang bicara

Setiap hubungan seharusnya dibangun atas dasar kepercayaan dan pengertian. Jika kamu merasa takut dengan pacarmu, merasa skeptis sepanjang waktu saat berbicara dan berinteraksi dengannya, maka hubungan ini hanya memperburuk kesehatan mentalmu.

2. Depresi yang berkelanjutan

Hubungan toxic akan meninggalkan luka mendalam pada seseorang. Jika kamu serinng mengalami gangguan suasana hati (mood) yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam, cemas dan khawatir berlebihan, hingga kehilangan minat terhadap hal-hal yang disukai dalam berhubungan, sudah pasti kamu mengalami depresi. Depresi yang dibiarkan terus berlanjut dapat merusak kesehatan mental.

 BACA JUGA:Diduga Alami Depresi, Begini Kondisi Kalina Oktarani

3. Stres yang berkelanjutan

Stres merupakan reaksi yang sering dialami oleh semua orang dari waktu ke waktu. Ketika seseorang dihadapkan pada situasi atau psangan yang bikin tertekan, maka stres akan berkelanjutan.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Berdampak kepada kesehatan fisikmu

Tanda-tanda hubungan yang dapat merusak kesehatan mental juga berdampak pada kesehatan fisikmu. Saat kamu terjebak dalam toxic relationship maka kamu akan mengalami gejala fisik yang memburuk seperti sakit kepala, insomnia, peradangan, turunnya sistem kekebalan tubuh.

5. Perasaan lega jika dia tak ada

Jika kamu merasa lega dan happy saat pacarmu tak ada atau meninggalkanmu sendirian, maka ini menunjukkan bahwa kamu sudah tidak merasakan kebahagiaan bersama dirinya. Apalagi jika rasanya beban di pundak terangkat, sudah cukup sebagai sinyal bahwa kamu perlu meninggalkannya.

6. Munculnya keinginan untuk bunuh diri.

Jika bersama pacarmu yang sering menyakiti dan sering menghinamu, membuatmu merasa ingin bunuh diri, maka ini sudah pertanda bahaya! Sebaiknya segera tinggalkan dirinya dan cintai dirimu sendiri agar mentalmu kembali sehat. Pergilah ke psikolog mencari bantuan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini