Share

7 Cara Sembuhkan Gangguan Lambung dengan Obat Herbal

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 23 Juli 2022 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 612 2634508 7-cara-sembuhkan-gangguan-lambung-dengan-obat-herbal-zxL2VGPipA.jpg Ilustrasi Gangguan Lambung. (Foto: Shutterstock)

GANGGUAN lambung biasa terjadi ketika memiliki penyakit maag. Tapi, ada kalanya lambung menjadi bermasalah ketika seseorang salah mengonsumsi makanan. Bila dibiarkan terjadi berkelanjutan atau tanpa pengobatan, keluhan bisa bertambah parah dan benar-benar menurunkan kualitas hidup Anda.

Perlu diketahui, organ lambung memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia. Organ ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu menyimpan makanan sebelum disalurkan ke organ pencernaan selanjutnya, memecah makanan melalui gerakan peristaltik, dan mencerna sekaligus menghancurkan makanan dengan bantuan enzim.

Apabila salah satu dari fungsi tersebut mengalami gangguan, seseorang yang mengalaminya biasanya akan merasakan berbagai gejala berikut ini:

- Perut kembung dan begah

- Perut terasa perih

- Mual

- Muntah

- Sendawa

- Kram perut

Bagaimana cara mengatasi gangguan lambung? Untuk ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi. Melansir KlikDokter, berikut adalah beberapa cara mengtasi gangguan lambung.

Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Untuk mencegah terjadinya gangguan di lambung, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang memicu produksi asam lambung berlebih. Beberapa makanan dan minuman yang dimaksud, misalnya makanan pedas, makanan bersantan, makanan asam, kopi, teh, cokelat dan alkohol.

Asam Lambung

Hindari Kebiasaan yang Tidak Sehat

Merokok dan kebiasaan berbaring setelah makan dapat menyebabkan asam lambung naik ke area kerongkongan. Guna menghindari hal tersebut, segera hentikan kebiasaan merokok dan usahakan untuk menunggu sekiranya 3 jam jika hendak rebahan setelah makan.

Tidak cukup dengan itu, Anda juga perlu mengonsumsi bahan-bahan herbal yang terbukti dapat menjaga kesehatan lambung. Beberapa herbal untuk lambung yang dimaksud, antara lain:

Kunyit

Curcuma domestica rhizoma yang dikenal dengan nama kunyit sudah terbukti dapat mengurangi gejala asam lambung. Kunyit bekerja dengan melepaskan gas berlebih yang ada di dalam lambung.

Ekstrak Jahe Merah

Ekstrak jahe merah dapat membantu mengatasi gejala mual dan kembung, serta memiliki fungsi sebagai anti radang yang secara alami mengatasi nyeri ulu hati dan gangguan pencernaan lainnya.

Mentha Piperitae

Mentha piperitae yang dikenal dengan nama daun mint dapat membantu mengatasi spasme pada otot saluran cerna (kram perut).

Madu

Madu dapat mengurangi peradangan di area kerongkongan dan menurunkan risiko rusaknya sel-sel yang melapisi lambung. Ini karena madu dapat bersifat sebagai antioksidan (penangkal radikal bebas). Menurut penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal, tekstur madu yang kental juga dapat membantu menjaga kestabilan asam lambung.

Ekstrak Ananas (Bromelain)

Bromelin adalah ekstrak buah nanas yang merupakan enzim yang dibutuhkan untuk pencernaan. Senyawa ini juga dapat membantu mengatasi peradangan yang ada di lambung, lho!

Licorice Root

Licorice root atau dikenal dengan nama akar manis dapat mencegah dan membantu penyembuhan tukak lambung, heartburn, serta mengurangi produksi asam lambung.

Foeniculi Vulgare Seed

Foeniculi vulgare seed atau dikenal dengan nama biji adas dapat membantu memperbaiki motilitas dan mengatasi spasme saluran cerna (antiflatulence) serta rasa penuh di perut (fullness).

Jika gangguan lambung tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, segera periksakan diri ke dokter. Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter mengenai gangguan saluran pencernaan atau masalah kesehatan lainnya melalui LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini