Share

Begini Efek Buruk Kolesterol Tinggi pada Tubuh

Cita Zenitha, MNC Portal · Sabtu 23 Juli 2022 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 612 2634660 begini-efek-buruk-kolesterol-tinggi-pada-tubuh-CPY9Kib9Pv.jpg Efek Buruk Kolesterol Tinggi. (Foto: Shutterstock)

EFEK buruk kolesterol tinggi pada tubuh sebaiknya menjadi perhatian. Kolesterol merupakan lemak yang mengalir dalam darah. Tubuh manusia memerlukan zat satu ini supaya organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Namun, kadar kolesterol yang beredar dalam tubuh perlu diperhatikan jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik dan kolesterol buruk. Fungsi kolesterol baik yaitu untuk pembentukan hormon, meningkatkan kerja sistem pencernaan, serta memproduksi vitamin D. Sedangkan kolesterol jahat atau kolesterol tinggi akan menghambat aliran darah dan mengganggu kesehatan.

Tapi, sebelum membahas efek buruk kolesterol tinggi pada tubuh, baiknya ketahui gejala dari seseorang yang mengidap kolesterol. Pada beberapa kasus, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala sampai terjadi komplikasi dalam tubuh. Namun ada beberapa hal yang perlu diwaspadai seperti tangan atau kaki sering kesemutan, mudah lelah, nyeri dada, xanthoma dan rahang mudah sakit.

Jika anda merasakan beberapa dari gejala tersebut sebaiknya segera untuk memeriksakan kadar kolesterol tubuh. Jangan sampai tubuh terkena efek buruk kolesterol tinggi seperti berikut:

Kolesterol Tinggi

Masalah Jantung

Kolesterol yang beredar dalam darah akan menempel pada arteri dan membuat arteri mengeras. Akibat dari arteri mengeras darah jadi tidak mengalir lancar. Jantung akan kesulitan memompa darah sehingga memicu berbagai penyakit jantung.

Sistem Pencernaan Terganggu

Kolesterol jahat dapat mengganggu sistem pencernaan. Empedu akan kesulitan menyaring kolesterol jahat dan harus bekerja dengan keras. Bila tidak teratasi dengan baik bisa menyebabkan batu empedu.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Sistem Saraf Terganggu

Aliran darah yang tercemar kolesterol jahat akan merusak otak dan sistem saraf tubuh Otak rentan terkena penyakit seperti stroke dan alzheimer.

Kerusakan Arteri

Kadar kolesterol tinggi menyebabkan penyakit aterosklerosis dan jantung koroner. Penyakit aterosklerosis disebabkan oleh penumpukan plak pada arteri.

Stroke

Jika kolesterol tinggi dibiarkan maka akan menyebabkan penyempitan arteri dan berujung stroke. Penyakit stroke terjadi akibat tidak adanya suplai oksigen ke dalam otak.

Diabetes

Kadar kolesterol yang tidak terkendali menyebabkan diabetes. Sebab, pankreas tidak memproduksi insulin dengan cukup baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini