Share

Ini 10 Makanan Penyebab Kolesterol Jahat, Kebanyakan Hidangan Lezat

Cita Zenitha, MNC Portal · Sabtu 23 Juli 2022 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 298 2635012 ini-10-makanan-penyebab-kolesterol-jahat-kebanyakan-hidangan-lezat-ZOza7r3OVo.jpg Makanan Penyebab Kolesterol Jahat. (Foto: Shutterstock)

ADA 10 makanan penyebab kolesterol jahat yang tak banyak orang tahu. Jangan-jangan makanan berikut sering kamu konsumsi setiap hari.

Supaya jaringan tubuh tetap berfungsi dengan baik, tubuh memerlukan lemak dari kolesterol. Meski begitu tentu saja kadar kolesterol tetap dalam batasan dan tidak boleh terlalu tinggi.

Kadar kolesterol tinggi menyebabkan penyempitan arteri. Jika hal tersebut terjadi bisa mengundang banyak masalah kesehatan seperti stroke dan jantung.

Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Manfaat dari kolesterol baik mampu membantu produksi empu, vitamin D, kortisol dan masih banyak lagi.

Tentu tidak inginkan kehidupan kita jadi terbatas akibat masalah yang ditimbulkan kolesterol? Untuk itu, yuk cek asupan nutrisi dalam makanan. Jangan sampai makanan yang kamu konsumsi justru membawa dampak buruk berkepanjangan. Berikut ini Okezone akan mengulas 10 makanan penyebab kolesterol.

Kolesterol Jahat

Seafood

Seafood memang sangat nikmat untuk dinikmati apalagi santap bersama keluarga. Makanan laut seperti udang dan lobster. Sekiranya dalam 100 gram udang laut terdapat sekitar 252 kolesterol. Sedangkan dalam 100 gram lobster terdapat 70 mg kolesterol. Untuk mengantisipasi hal tersebut pilihlah santapan laut rendah kolesterol seperti jenis ikan-ikanan.

Fast Food

Makanan cepat saji banyak kita temukan saat ini seperti kentucky, burger, pizza dan masih banyak lagi. Dalam satu porsi makanan cepat saji mengandung setidaknya 85-180 mg kolesterol. Apalagi jika ditambah dengan minuman soda sebagai pendampingnya.

Mulai hari ini kurangi konsumsi makanan cepat saji dan menggantinya dengan makan sehat olahan. Namun, jika ingin mengkonsumsi makanan cepat saji sebaiknya mengganti minuman dengan air putih saja.

Steak

Steak sapi merupakan salah satu makanan yang enak untuk dinikmati. Rasanya sangat disayangkan jika kita tidak pernah menyantap menu makanan satu ini. Sebenarnya bukan tidak boleh sama sekali untuk menikmati makan tersebut. Tetapi lebih untuk menghindari.

Pilihlah daging steak sapi rendah lemak seperti pada bagian perut. Atau dari pada mengkonsumsi steak sapi lebih baik pilih steak berbahan dasar daging domba.

Daging Ayam

Bagian dari daging ayam yang harus dihindari bagi penderita kolesterol tinggi adalah bagian paha dan sayap. Banyak orang menyukai kedua daging ayam bagian tersebut karena sangat juicy dan lebih empuk.

Ternyata dalam 100 gram paha ayam saja terdapat sekitar 127 gram kolesterol. Sedangkan orang dewasa perharinya hanya membutuhkan sekitar 42%nya saja.

Es krim

Mengkonsumsi es krim terbukti dapat meningkatkan mood yang awalnya buruk menjadi lebih baik. Tapi ternyata dalam satu cup es krim saja mengandung banyak kolesterol. Bahkan jika kita membandingkannya dengan burger atau donat, kandungan kolesterol pada es krim jauh lebih banyak lagi.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Jeroan

Dibandingkan dengan bagian dagingnya, jeroan hewani ternyata mengandung lebih banyak kolesterol yang dapat menyebabkan penumpukan di dinding arteri. Sebaiknya, segala jenis jeroan seperti usus, babat, otak, paru dan lainnya untuk dibatasi. Selain bagi penderita kolesterol, jeron juga tidak baik dikonsumsi terlalu sering bagi pengidap asam urat.

Gorengan

Gorengan menjadi kudapan yang paling disukai warga Indonesia. Sayangnya, konsumsinya harus dibatasi jika tidak ingin kolesterol naik. Alternatif selain makan gorengan adalah mengkonsumsi makanan dengan cara dikukus atau direbus.

Susu dan Keju

Salah satu makanan penyebab kolesterol selanjutnya adalah susu dan keju. Kedua makanan ini memang nikmat jika dikonsumsi. Namun sebaiknya konsumsi susu dan keju mulai dibatasi, apa lagi bagi pengidap kolesterol tinggi pemanhun. Selain menyebabkan kolesterol, susu dan keju juga kaya akan lemak.

Telur

Telur sering menjadi opsi makanan praktis banyak orang. Sebab menyajikannya cukup dengan merebus atau menggorengnya. Ternyata telur yang sering kita konsumsi bisa menjadi penyebab kolesterol meningkat.

Telur mengandung sekitar 187 mg kolesterol, sedangkan orang dewasa hanya membutuhkan 62% saja dari angka tersebut. Oleh karena itu batasi konsumsi telur terutama bagi yang sudah mengidap kolesterol.

Hati Sapi

Supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan sebaiknya konsumsi hati sapi harus dibatasi. Hati sangat nikmat jika dijadikan berbagai masakan khas salah satunya sambal goreng ati sapi. Tapi jika mengkonsumsinya terlalu sering tentu dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan salah satunya kolesterol.

Tak hanya hati sapi saja, jeroan sapi seperti usus, babat, otak juga harus dikurangi bahkan dihindari. Setidaknya dalam 100 gram hati sapi saja terdapat 494 mg kolesterol. Sedangkan orang dewasa perharinya hanya membutuhkan 164 persennya saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini