Share

Cacar Monyet Bisa Jadi Penyakit Menular Seksual Baru?

Siska Permata Sari, Okezone · Minggu 24 Juli 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 612 2635385 cacar-monyet-bisa-jadi-penyakit-menular-seksual-baru-0FzowUkO7Y.jpg Cacar monyet banyak menginfeksi pria gay (Foto: Arizona daily star)

PENYEBARAN kasus cacar monyet di Amerika Serikat bisa memberikan petunjuk bahwa cacar monyet punya kemungkinan jadi penyakit menular seksual baru. Meskipun beberapa pejabat kesehatan mengatakan, virus ini mungkin bisa segera diatasi sebelum benar-benar mewabah.

Beberapa pihak khawatir penyebaran cacar monyet akan meluas seperti penyakit menular seksual lain yakni gonore, herpes, dan HIV. Namun sejumlah pakar kesehatan tak setuju dengan pendapat itu.

 cacar monyet

Sejauh ini, lebih dari 2.800 kasus cacar monyet di AS telah dilaporkan sebagai bagian dari wabah internasional. Sekitar 99% kasus cacar monyet menimpa pria yang melaporkan berhubungan seks dengan pria lain atau pria gay.

Seperti dilansir dari News Medical, bukti-bukti klinis terbaru memang menunjukkan penularan cacar monyet bisa terjadi selama hubungan seksual. Meskipun butuh penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi bahwa cacar monyet menjadi penyakit menular seksual baru.

Namun memang penularan virus cacar monyet selama hubungan seksual, sudah banyak dikonfirmasi.

Risiko penularan cacar monyet melalui kontak seksual aktif menekankan perlunya meningkatkan kesadaran di antara populasi yang aktif secara seksual untuk mencegah wabah di masa depan.

 BACA JUGA:Kenapa Pria Gay Rentan Terinfeksi Cacar Monyet?

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC), populasi rentan terkena cacar monyet antara lain orang yang memiliki banyak pasangan seksual, terutama mereka yang berada dalam komunitas LGBT.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini