Share

Tak Mau Kena Karang Gigi, Coba 4 Tips Ini

Tim Okezone, Okezone · Senin 25 Juli 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 612 2635396 tak-mau-kena-karang-gigi-coba-4-tips-ini-NUIMlNDJNk.jpg Ilustrasi Karang Gigi. (Foto: Shutterstock)

SELAIN kesehatan gigi, bentuk gigi dan warna gigi juga kerap menjadi concern banyak orang. Beberapa orang pun memilih untuk memutihkan gigi mereka baik dengan bahan alami maupun dengan pemutih gigi.

Tapi, karena kebiasaan buruk seseorang maka bisa saja timbul karang gigi. Munculnya karang gigi tentunya dapat sangat mengganggu penampilan, maka itu penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk mencegahnya.

Karang gigi merupakan akumulasi plak dan mineral dari air liur yang mengeras dan membuat lapisan baru selimut di gigi. Biasanya, karang gigi ini dapat berwarna kuning, cokelat, hingga hitam dan mengendap di belakang atau pada sela-sela gigi.

Karang gigi juga sering disertai oleh masalah lainnya, seperti bau mulut, gusi berdarah, gigi sensitif, dan gigi berlubang yang perlu dicabut. Cara paling efektif untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan tindakan pembersihan kerak atau scaling oleh dokter gigi di klinik maupun di rumah sakit.

Gigi

Plak yang telah menjadi karang dan menebal, akan sangat keras dan melekat pada gigi sehingga sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, prosedur pembersihan karang perlu dilakukan oleh dokter gigi dengan menggunakan alat khusus.

Untuk mengurangi kemungkinan munculnya karang gigi, simak beberapa tips pencegahannya di bawah ini.

Rajin menyikat gigi

Plak dapat mengeras menjadi karang gigi hanya dalam hitungan jam, maka itu biasakanlah untuk menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari. Kemudian, lakukan sikat gigi setidaknya selama dua menit.

Pilih pasta gigi yang mengandung Flourida

Kandungan flourida dapat membantu untuk memperbaiki kerusakan enamel pada gigi akibat karang gigi. Selain itu, flourida juga dapat mengontrol karang gigi dan membantu mengurangi karang gigi sekitar 35 persen.

Gunakan obat kumur

Gunakanlah obat kumur yang mengandung bahan untuk melawan bakteri, seperti cetylpyridinium chloride, chlorhexidine, dan minyak esensial.

Konsumsi buah dan sayur

Dengan mengonsumsi atau mengunyah buah atau sayur yang utuh dan segar, dapat mendorong produksi air liur. Sehingga dapat membantu untuk membersihkan bakteri dan plak di mulut.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini