Share

3 Tips Pilih Jam Tangan Mewah untuk Pemula, Bisa Jadi Investasi Lho!

Siska Permata Sari, Okezone · Senin 25 Juli 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 194 2635695 3-tips-pilih-jam-tangan-mewah-untuk-pemula-bisa-jadi-investasi-lho-u3RGKGp1jl.jpg Tips Pilih Jam Tangan Mewah (Foto: Siska/MPI)

JAM tangan menjadi salah satu item fashion yang kian banyak digandrungi hampir semua kalangan. Selain, mampu menunjang penampilan secara keseluruhan, jam tangan ternyata bisa jadi investasi yang menjanjikan lho!

Kendati demikian, tak semua jenis jam tangan yang layak untuk diinvestasikan. Ada beberapa kriteria khusus yang menjadikan sebuah jam bernilai tinggi.

Nah, agar tidak salah langkah saat membeli jam tangan, berikut MNC Portal Indonesia sejumlah tips memilih jam tangan yang pas untuk pemula. Yuk simak ulasannya.

Tips Pilih Jam Tangan

Sesuai kebutuhan

Tips pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah memilih jam sesuai kebutuhan. Pikirkan secara matang apakah jam tersebut akan Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari, atau untuk keperluan acara tertentu.

"Jam tangan itu ada dua jenis, yang berbasis quartz (menggunakan baterai) dan mechanic. Untuk pemula sebaiknya, pilih yang quartz karena lebih praktis," ujar Nouval selaku Brand Manager Oris Indonesia, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Namun seiring berjalannya waktu, lanjut Nouval, jam tangan berbasis mechanic bisa jadi pilihan utama karena dari segi tampilan dan kualitas jauh lebih elegan, terlihat mewah, dan menarik.

"Pencinta jam itu biasanya lebih fanatic, mereka lebih suka mechanic karena menurut mereka quartz sudah tidak relevan lagi," paparnya.

Salah satu contohnya adalah Oris Big Crown Pointer Calibre 403, yang baru saja hadir dengan sentuhan baru dan desain yang timeless.

Jam tangan yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1938 ini memiliki dua keunikan yang sangat ikonik. Crownnya berdiameter lebar dan jarum tengah berwarna merah yang berfungsi sebagai penunjuk tanggal di tepi dial.

Sesuaikan dengan budget

Bila menilik penjelasan di atas, jam tangan berkonsep mechanic memang terdengar menggiurkan. Tapi jangan buru-buru membelinya ya! Sesuaikan dengan budget Anda. Jam tangan berbasis quartz sejatinya lebih 'murah' dibandingkan dengan jam tangan berbasis mechanic.

"Di kami sendiri, paling murah ada yang 20 jt dan itu juga bisa banget buat invest. karena harga jam semakin tahun semakin naik," kata Nouval.

"Apalagi kalau jamnya limited edition, special edition, dan Swiss made (dibuat di Swiss). Itu susah didaptkan karena masuk ke Indonesia juga jarang. Jadi demandnya semakin tinggi harga pun semakin naik," timpalnya.

Selaraskan dengan outfit

Tips yang tidak kalah pentingnya adalah melihat desain dari jam tangan itu sendiri. Beberapa jam tangan memiliki warna dial yang berbeda-beda, sehingga dapat memengaruhi penampilan outfit Anda secara keseluruhan.

"Saya sendiri lebih memperhatikan warna dialnya saat hendak membeli jam, karena akan kita pakai sehari-hari. Kalau tidak cocok dengan outfit kita itu akan sayang banget untuk kita beli," jelas Nouval.

Sementara untuk strapnya, harus disesuaikan dengan aktivitas masing-masing. Ada dua jenis strap yang direkomendasikan yakni, bracelet dan rubber.

"Bracelet itu lebih cocok untuk indoor atau acara-acara formal. Kalau rubber lebih pas digunakan untuk outdoor karena lebih aman kalau misalnya tergesek dengan benda asing," tutup Nouval.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini