Share

Nasi Semalam Lebih Sehat daripada Nasi Baru? Ini Kata Ahli Gizi

Tim Okezone, Okezone · Senin 25 Juli 2022 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 298 2636102 nasi-semalam-lebih-sehat-daripada-nasi-baru-ini-kata-ahli-gizi-12jj9Oxuth.JPG seporsi nasi, (Foto: NDTV Food)

NASI dingin sisa semalam biasanya dipilih banyak orang, sebagai nasi yang akan dimasak untuk hidangan nasi goreng.

Tidak hanya lebih enak untuk hidangan nasi goreng, tapi secara kesehatan, ternyata nasi yang berumur sudah satu hari alias nasi semalam lebih sehat dibandingkan nasi yang baru matang.

Seperti disampaikan ahli gizi Pooja Makhija, menurut banyak penelitian, sudah bahwa pendinginan pati yang dimasak menyebabkan proses retrogradasi pati yang mengubah pati yang bisa dicerna menjadi pati resisten.

Simpelnya, ketika seseorang memasak makanan berpati tinggi seperti nasi atau kentang dan mendinginkannya, maka pati tersebut diubah jadi pati yang dapat dicerna menjadi pati resisten.

Pati yang bisa dicerna adalah yang dipecah oleh tubuh dan membuat kadar gula darah kita meningkat. Sebagai perbandingan, pati resisten tidak rusak.

โ€œPati ini tidak buruk untuk kesehatan manusia, karena mengandung probiotik. Tidak meningkatkan kadar gula darah dan sehat untuk usus,โ€ jelas Pooja, mengutip NDTV Food, Senin (25/7/2022).

Dengan kata lain, nasi sisa semalam atau nasi yang sudah dingin ini punya indeks glikemik lebih rendah dibandingkan nasi hangat yang baru saja matang.

ย BACA JUGA:Jangan Takut Makan Nasi, Ini Manfaat Beras yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Resep Oseng Ikan Gabus Petai ala Rumahan, Asli Bikin Ngiler!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini