Share

Benarkah Sampo yang Mengandung Sensasi Dingin Sebabkan Rambut Kering?

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 25 Juli 2022 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 611 2635692 benarkah-sampo-yang-mengandung-sensasi-dingin-sebabkan-rambut-kering-MMgch85lRV.jpg Ilustrasi Sampo Kering. (Foto: Shutterstock)

PRODUK-PRODUK perawatan rambut belakangan ini memang semakin beragam. Variasi produk-produk ini dibuat bukan tanpa sebab, tapi memang karena ada formula-formula baru, baik dari wangi hingga fungsi yang ditambahkan di dalamnya.

Nah, salah satu produk perawatan rambut yang tengah populer adalah sampo sensasi dingin. Sampo jenis ini menawarkan rasa dingin setelah keramas dan dianggap paling cocok untuk iklim Indonesia yang lembap.

Sampo sensasi dingin pada umumnya mengandung mint. Bahan aktif lainnya pun menunjang sensasi tersebut, sehingga kepala terasa ringan dan ada perasaan segar di helai rambut. Tapi, ada sebagian orang percaya kalau sampo sensasi dingin semacam itu bikin rambut kering. Mitos atau fakta, ya, sampo sensasi dingin bikin rambut kering?

Dijelaskan oleh Dokter Nataliani Mawardi, tidak benar bahwa semua sampo sensasi dingin itu membuat rambut kering. Itu akan sangat tergantung dari komposisi yang dipakai dalam sampo tersebut.

Sampo

"Tidak benar bahwa sampo sensasi dingin yang biasanya mengandung mint itu menyebabkan rambut kering. Sensasi dingin itu sendiri pun bukan berarti rambutnya terasa lebih kering," terangnya saat diwawancarai MNC Portal, beberapa waktu lalu.

Bisa menyebabkan kering, lanjut dr Nataliani, jika bahan aktif yang dimasukkan ke dalam komposisi sampo sensasi dingin kurang cocok pada jenis kulit kepala ataupun rambut penggunanya. "Atau menyebabkan rambut atau kulit kepala kering jika bahan aktif yang dipakai terlalu kuat chemical-nya," ungkap dr Nataliani yang juga pendiri NMW Skin Care.

Ia menerangkan, tidak semua sampo sensasi dingin itu sebabkan rambut atau kulit kepala kering. Ini bisa terjadi jika di dalam sampo tersebut ditambahkan kandungan moisturizer atau pelembap yang diracik tentunya oleh para ahli.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

"Kalau sampo-nya itu ada pelembapnya yang tentu saja diracik sedemikian rupa oleh ahlinya, itu tidak akan membuat rambut kering. Ini juga sekaligus menegaskan bahwa tidak semua kok sampo sensasi dingin itu bikin rambut kering," kata dia.

Rambut kering sendiri adalah masalah kesehatan yang perlu diperbaiki, terlebih jika sudah terjadi kerontokan berarti. Kerontokan yang tidak wajar itu adalah saat rambut rontok setidaknya 100 helai per hari.

"Kalau sudah rontok parah, tentu perlu tindakan dari dokter untuk memperbaiki masalah tersebut. Konsultasi dengan dokter adalah saran terbaik jika kerontokan parah sudah terjadi," ungkap dr Shakti Indraprasta, SpKK.

Ia menambahkan, ketika kulit kepala kering, bukan hanya kerontokan yang akan terjadi tapi juga kulit kepala akan ketombe. Ini pun masalah yang perlu diperbaiki dan harus ditangani secara profesional.

"Ketombe juga masalah kesehatan. Kalau kondisinya sudah sangat parah, periksakan ke dokter supaya pengobatan terbaik dapat dilakukan sehingga hasilnya akan lebih baik," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini