Share

Pakai Kombinasi Retinol dan Vitamin C untuk Skincare, Apa Manfaatnya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 611 2636057 pakai-kombinasi-retinol-dan-vitamin-c-untuk-skincare-apa-manfaatnya-1BnAUJVoTr.JPG pemakaian retinol dan serum vitamin C, (Foto: Freepik)

PENGGIAT kulit wajah sehat, glowing alami, dan mulus pasti sudah sangat familiar dengan retinol dan vitamin C sebagai salah satu produk wajib dalam ritual skincare.

Ya, masing-masing memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan estetika kulit wajah. Penggunaan vitamin C sebagai skincare wajah, diketahui bisa membantu memperbaiki warna dan tekstur, menyamarkan bintik hitam, meningkatkan produksi kolagen, dan mencerahkan kulit kusam.

Sementara retinol, biasanya merupakan kandungan wajib dalam rangkaian perawatan anti-aging. Sebab, retinol memang memiliki manfaatr bisa memperbarui sel kulit, melindungi kolagen, melawan radikal bebas, dan mengencangkan lapisan kulit yang lebih dalam untuk mengurangi kerutan, garis halus, dan pori-pori yang terlihat di kulit wajah.

Kombinasi keduanya sebagai rangkaian prouduk skincare disebut sebagai power couple, memang apa sih manfaatnya mengombinasikan vitamin C dan retinol dalam perawatan kulit wajah Anda? Seperti disampaikan dokter kulit Azadeh Shirazi, MD bisa membuat tekstur kulit jadi lebih halus dan cerah.

"Vitamin C mempertahankan, melindungi dan mendukung produksi kolagen, sementara retinol memperbaharui sel-sel kulit dan merangsang kolagen. Keduanya mengurangi pigmentasi dan mencerahkan perubahan warna kulit,” ujar dr. Azadeh, dikutip dari Byrdie, Senin (25/7/2022).

Dalam pemakaian kombinasi ini, dokter kulit Todd Minars, MD mengingatkan jika memang tidak mengalami iritasi, penggunaan vitamin C bersama retinol untuk manfaat lebih, boleh-boleh saja dilakukan.

“Jika kulit Anda tidak teriritasi dengan menggabungkannya, dan Anda merasakan ada manfaat yang bertambah dari kombinasi pemakaian ini, maka lakukan saja,” tutupnya singkat.

(rpa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini