Share

9 Obat Alami untuk Atasi Gusi Bengkak, Mudah Ditemukan di Dapur

Tim Okezone, Okezone · Senin 25 Juli 2022 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 612 2635741 9-obat-alami-untuk-atasi-gusi-bengkak-mudah-ditemukan-di-dapur-Dnlr4Y1Kht.jpg Ilustrasi Gusi Bengkak. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang salah kaprah mengenai sakit gigi yang mereka derita. Beberapa orang menyebut bahwa gigi mereka bengkak, padahal yang gigi tidak mungkin bengkak, melainkan gusinya karena adanya masalah pada gigi.

Biasanya, gusi bengkak terjadi karena adanya infeksi atau peradangan disebabkan karena gigi berlubang. Selain itu, gusi bengkak juga bisa disebabkan akibat infeksi virus atau jamur, pemakaian gigi palsu yang tidak pas, hingga perubahan hormonal pada wanita, seperti kehamilan atau menopause.

Munculnya gusi bengkak sebaiknya segera diatasi agar kondisi tidak bertambah parah. Nah, jika kesulitan mencari obat Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur sebagai pertolongan pertama untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri sebelum menemui dokter gigi.

Untuk mengatasinya, ada banyak pengobatan rumahan yang efektif untuk meringankan gusi bengkak sementara waktu. Berikut obat alami untuk gigi bengkak seperti dilansir dari KlikDokter.

Air garam

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang punya kandungan antiseptik. Berkumur dengan menggunakan larutan air garam dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri di rongga mulut dan mengurangi bakteri di gusi yang mungkin menjadi penyebab pembengkakan. Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh garam dengan air hangat lalu kumur selama 30 detik. Lakukan cara ini setidaknya dua kali sehari sampai bengkaknya mereda.

Gusi Bengkak

Kompres panas dan dingin

Mengompres bagian gusi dengan kain hangat atau dingin dapat berperan sebagai pereda nyeri sementara yang baik. Anda dapat melakukannya dengan merendam kain bersih ke dalam air hangat lalu tempelkan pada bagian pipi daerah gusi yang bengkak.sekitar 5 menit.

Selain itu, Anda juga bisa kompres dingin dengan memasukkan beberapa es batu ke dalam kantong palstik, lalu bungkus dengan kain tipis yang bersih. Kemudian tempelkan pada daerah yang sakit sekitar 5 menit. Anda bisa mengulanginya dua sampai tiga kali hingga bengkak mereda.

Bawang

Baik bawang putih maupun bawang merah bisa menjadi obat alami untuk mengatasi gusi bengkak. Keduanya memiliki sifat antimikroba dan antiseptik, sehingga dapat menghilangkan bakteri di mulut sekaligus mengurangi rasa sakit.

Bawang mengandung agen antioksidan kuat yang disebut flavonoid quercetin yang mampu meredakan sakit gigi. Anda dapat mengunyahnya secara langsung atau menempelkan campuran garam dan bawang yang sudah ditumbuk di sekitar gigi atau gusi yang bengkak.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Sehingga, kunyit juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan radang yang disebabkan oleh abses gigi. Selain itu, kunyit juga sudah lama dipercaya baik untuk kesehatan mulut.

Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Lalu, setelah menggosok gigi, oleskan campuran tersebut di gusi yang bengkak, diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan berkumur dengan air hangat hingga bersih. Lakukan dua kali sehari sampai gusi bengkak mereda.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Hidrogen peroksida

Untuk meredakan gusi bengkak, cara lain yang dapat digunakan adalah membilas secara menyeleuruh dengan larutan air dan hidrogen peroksida menggunakan larutan yang hanya digunakan food grade, larutan hidrogen peroksida 3 persen.

Anda dapat mencampurkan 3 sendok makan hidrogen peroksida 3% dengan 3 sendok makan air. Lalu kumur selama sekitar 30 detik dan buang. Lakukan ini 2 hingga 3 kali seminggu sampai bengkak hilang.

Minyak esensial

Minyak essensial seperti peppermint, tea tree, dan thyme oil efektif dalam mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit di mulut. Selain itu, berkhasiat sebagai pereda nyer alami untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi.

Untuk menggunakannya, campurkan tiga tetes minyak esensial peppermint, timi, atau pohon teh dengan 250 ml air hangat. Lalu bilas mulut Anda dengan mengaduk campuran selama sekitar 30 detik dan buang.

Perlu diingat untuk tidak membiarkan minyak esensial menyentuh kulit tanpa diencerkan dengan minyak pembawa seperti minyak almond. Selain itu, jangan pernah menelan minyak esensial. Kumur dengan air setelahnya dan keluarkan.

Lidah buaya

Menggunakan lidah buaya sebagai obat kumur juga efektif dalam pengobatan radang gusi. Menurut beberapa penelitian, gel lidah buaya berguna dalam mencegah dan mengatasi penyakit gusi dengan membunuh bakteri penyebab penyakit tersebut. Kumurlah dengan dua sendok teh obat kumur lidah buaya lalu buang. Lakukan ini dua kali sehari hingga bengkak hilang.

Kantong teh

Pilih teh yang memiliki kandungan zat tanin tinggi, seperti teh hitam atau teh hijau. Zat tannin tersebut memiliki kemampuan antioksidan dan anti peradangan yang kuat sehingga membuat rasa sakit berkurang pada gusi dengan membunuh bakteri yang mengirirtasi gusi.

Ambil sekantong teh segar dan rendam dalam air mendidih selama beberapa menit. Saat kantong teh sudah cukup dingin untuk disentuh, oleskan langsung ke gusi yang nyeri setidaknya selama 5 menit.

Cengkeh

Minyak cengkeh telah lama digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi sakitgigi. Kandungan eugenol di dalamnya merupakan senyaw kimia yang memiliki sifat analgesic, antiseptic, dan antibakteri.

Selain itu, rempah-rempah ini juga memiliki sifat anti radang yang dapat melawan infeksi pada gigi dan gusi. Anda dapat meneteskan minyak cengkeh dan minyak zaitun pada bola kapas, lalu tempelkan pada daerah yang sakit.

Itulah bahan-bahan alami yang dapat Anda temukan dengan mudah di dapur untuk membantu meringankan gusi bengkak. Namun, perlu diingat, ini merupakan cara yang sementara saja sehingga Anda harus segera mengunjungi dokter gigi setelahnya.

Dengan berkonsultasi secara langsung, dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi dan gusi Anda sehingga dapat diketahui penyebabnya secara pasti dan diatasi dengan tepat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini