Share

Ini 10 Bahan Alami untuk Mengatasi Sariawan dalam Semalam

Tim Okezone, Okezone · Senin 25 Juli 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 612 2635845 ini-10-bahan-alami-untuk-mengatasi-sariawan-dalam-semalam-P8CqEvTBz7.jpg Ilustrasi Mengatasi Sariawan. (Foto: Shutterstock)

SARIAWAN memang cenderung dikaitkan dengan kekurangan vitamin C dan dehidrasi. Kenyataannya sariawan juga bisa disebabkan berbagai faktor. Salah satu penyebab paling umum adalah ketika kulit di area mulut tergigit.

Sariawan pun akan sembuh dengan sendirinya ketika kita sudah menjaga pola makan. Meski demikian, sariawan bisa membuat rasa tidak nyaman ketika kita makan. Nah, jika Anda malas untuk mencari obat guna mengatasi sariawan ini, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan.

Beberapa bahan alami mampu mempercepat fase pemulihan, meski tidak ada yang dapat menyembuhkannya dalam semalam. Berikut beberapa cara mengobati sariawan secara alami yang mudah dilakukan di rumah.

Larutan air garam

Larutan ini merupakan cara mengobati sariawan secara alami dan cepat yang paling terkenal. Meski terasa nyeri, berkumur menggunakan larutan air garam dapat membantu mengeringkan sariawan. Larutkan 1 sendok teh garam dalam ½ gelas air hangat, kumur selama 15-30 detik di mulut, lalu buang. Ulangi beberapa jam seperlunya.

Sariawan

Larutan baking soda

Dengan tujuan mengembalikan keseimbangan pH dan mengurangi peradangan, larutan baking soda dapat menyembuhkan sariawan. Larutkan 1 sendok teh baking soda dalam ½ gelas air, kumur selama 15-30 detik di mulut, lalu buang. Ulangi beberapa jam seperlu dibutuhkan. Apabila larutan tertelan, hal ini tidak akan membahayakan meski akan terasa amat asin.

Yoghurt

Penyebab pasti terjadinya sariawan tidaklah diketahui. Sebagian disebabkan oleh Helicobacter pylori, yang terbukti dapat dibasmi menggunakan laktobasilus yang terdapat dalam yoghurt. Untuk mencegah sariawan, setidaknya konsumsi 1 cup yoghurt setiap harinya.

Madu

Diketahui mengandung antibakteri dan kemampuan antiradang, madu efektif dalam mengurangi rasa nyeri, ukuran, dan kemerahan dari sariawan. Hal ini juga dapat mencegah infeksi sekunder. Oleskan madu 4 hari sekali ke sariawan anda.

Minyak kelapa

Ternyata, minyak kelapa memiliki kandungan antimikroba, yang dapat menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri dan mencegahnya untuk semakin menyebar. Minyak kelapa juga merupakan antiradang alami, yang mampu mengurangi nyeri dan kemerahan. Rasanya juga enak. Gunakan beberapa kali dalam sehari, hingga sariawan berangsur hilang.

Suplemen vitamin B kompleks

Anda akan lebih rentan mengalami sariawan apabila diet yang dikonsumsi rendah akan vitamin B12. Sebuah penelitian yang melibatkan para sukarelawan untuk mengonsumsi 1000 mikrogram vitamin B12 per hari, mengalami kejadian sariawan yang lebih rendah dan nyeri yang minimal, dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Kompres kamomil

Dari kantung teh kamomil yang telah anda seduh, jangan buang terlebih dahulu karena dapat anda gunakan sebagi kompres pada sariawan. Diamkan pada area sariawan selama 10 menit. Tak hanya kantungnya, teh kamomil juga dapat anda gunakan sebagai larutan kumur, sebanyak 3-4 kali sehari.

Echinacea

Kemampuan echinacea dalam penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh dapat menyembuhkan sariawan dan mencegahnya terjadi kembali. Larutkan 1 sendok teh cairan echinacea dalam air hangat yang sama banyaknya dengan cairan echinacea, kumur selama 2 menit di mulut, lalu telan atau buang. Kumur dengan teh echinacea juga dapat menguntungkan, yang bisa dilakukan hingga 3 kali.

Larutan apple cider vinegar

Asam di dalam apple cidar vinegar atau cuka apel mampu membunuh bakteri yang mencetuskan sariawan. Meski demikian, tidak semua orang cocok dengan ramuan ini. Untuk menggunakannya, campur 1 sendok teh apple cidar vinegar dengan 1 gelas air, kumur selama 30 detik hingga 1 menit, lalu buang. Kumur kembali dengan air biasa agar enamel gigi anda tidak rusak karena larutan ini bersifat asam. Lakukan sekali sehari.

Tablet hisap zink

Sariawan dapat muncul saat sistem imun anda lemah. Zink merupakan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dengan demikian tablet hisap zink yang dikonsumsi rutin dapat membantu sistem imun anda memerangi bakteri yang menyebabkan sariawan. Penyembuhan juga akan terbantu lebih cepat.

Demikian beberapa cara alami mengatasi sariawan. Sebagian besar sariawan akan hilang dengan sendirinya, dan tidak meninggalkan efek samping yang mengganggu. Namun, apabila sariawan anda tidak hilang juga dengan berbagai cara di atas, jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini