Share

Pola Asuh ala Titi Kamal, Terapkan Waktu Khusus Anak untuk Ngemil

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 25 Juli 2022 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 612 2636017 pola-asuh-ala-titi-kamal-terapkan-waktu-khusus-anak-untuk-ngemil-pGc6QASQgJ.jpeg Titi Kamal beri waktu khusus anak untuk ngemil, (Foto: Instagram @titi_kamall)

TITI Kamal punya cara sendiri untuk membatasi anak-anaknya dalam mengonsumsi makanan kecil (ngemil) khususnya makan camilan manis. Menurutnya itu membantu anaknya agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan manis.

Keputusan ini, menurut Titi Kamal juga bisa membantu anaknya memiliki momen spesial dengan camilan manis kesukaan mereka. Itu kenapa Titi menerapkan waktu khusus ngemil ke anaknya.

"Agar anak-anak aku tidak berlebihan mengonsumsi makanan manis, khususnya jenis camilan, aku dan suami membatasi sekali camilan yang dimakan. Sebab, yang namanya camilan tetap ada batasannya," kata Titi Kamal saat dijumpai di acara #WishOreo110 di Shangri-La Hotel, Jakarta, Senin (25/7/2022).

Waktu ngemil itu biasanya ada di saat Titi dan keluarga nonton bersama atau saat sedang melakukan camping di belakang rumah. Bisa juga waktu bebas lainnya, misalnya saat menonton bersama.

 

(Foto: MPI/Sukardi)

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Aku dan suami biasanya ngeluarin camilan itu saat bermain dengan anak-anak, nonton bersama, atau saat camping. Ini bukan hanya membuat anak-anak merasa bahagia dan senang, tapi bikin mereka lebih menghargai momen spesial tersebut," lanjutnya.

Sebagai ibu, menurut Titi momen ngemil anak bukan terjadi kapan saja, tetapi memang harus ada waktu khusus. Sehingga anak bisa belajar menghargai momen-momen khusus.

Nah, gaya parenting Titi seperti ini, dari kacamata ahli professional, ternyata adalah salah satu metode pola asuh anak yang tepat. Menurut psikolog Saskhya Aulia Prima, apa yang diterapkan Titi bisa sekali dijadikan inspirasi bagi banyak orang tua yang ingin anaknya lebih bijak mengonsumsi camilan, khususnya camilan manis.

"Membatasi camilan ke anak agar mereka tidak makan berlebihan, dengan menerapkan waktu khusus adalah sesuatu yang tepat dilakukan orangtua," kata Saskhya.

Bukan hanya soal waktu, menurut Saskhya yang penting untuk diperhatikan juga adalah soal jumlah camilan yang dimakan si kecil. Sebab, mau bagaimana pun konsumsi camilan itu tetap harus dibatasi.

"Ajak si anak bernegosiasi tentang waktu khusus tersebut, pun soal berapa banyak camilan yang bisa dikonsumsi. Melibatkan anak dalam menentukan keputusan di dalam rumah akan membuat si anak merasa hadir dan dihargai suaranya," terang psikolog yang juga Co-founder Rumah Psikolog TigaGenerasi tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini