Share

5 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Cepat Tanpa Obat

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Senin 25 Juli 2022 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 612 2636053 5-cara-mengatasi-kolesterol-tinggi-dengan-cepat-tanpa-obat-9NBTRkvMRU.jpg Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi. (Foto: Shutterstock)

ADA 5 cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat dan mudah dilakukan. Kolesterol adalah zat lilin dalam tubuh yang dihasilkan oleh hati. Selain ada dalam tubuh, kolesterol ini juga terdapat produk hewani, seperti daging dan susu.

Kolesterol ada dua jenis, yakni kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) dan kolesterol high atau HDL (High Density Lipoprotein). Keduanya memiliki peran penting dalam tubuh untuk melindungi saraf dan juga membuat hormon dalam tubuh.

Akan tetapi, kolesterol dapat berbahaya jika memiliki kadar yang tinggi. Salah satunya dengan membentuk plak pada pembuluh darah yang lama-kelamaan dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Oleh sebab itu, umumnya dokter akan memberikan obat sebagai pengobatan menurunkan kadar kolesterol tinggi. Namun, tak sedikit pula dokter menginginkan pasien untuk mengubah pola hidup lebih sehat.

Bagi yang tak suka mengonsumsi obat, terdapat cara mudah mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat. Lantas, bagaimana cara mengatasi kolesterol tinggi dengan mudah? Untuk lebih lengkapnya, simak rangkuman berikut ini.

Kolesterol Tinggi

Dilansir oleh mayoclinic, terdapat 5 cara mengatasi kolesterol tinggi tanpa obat dan dijamin cepat. Caranya sebagai berikut.

Olahraga secara rutin

Olahraga dan aktivitas fisik sedang dapat meningkatkan kolesterol baik. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, lakukan olahraga setidaknya 30 menit lima kali seminggu atau aktivitas aerobik selama 20 menit tiga kali seminggu.

Menambahkan aktivitas fisik, bahkan dalam interval pendek dalam beberapa kali sehari, dapat membantu menurunkan berat badan. Adapun contoh aktivitasnya, antara lain:

- Berjalan cepat setiap hari selama jam makan siang

- Naik sepeda ke tempat kerja

- Memainkan olahraga favorit

Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan berkontribusi terhadap kolesterol tinggi. Untuk menurunkannya lakukan diet sehat dan tingkatkan aktivitas sehari-hari. Selain itu, olahraga secara rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan dan kolesterol tinggi.

Konsumsi makanan sehat untuk jantung

Terdapat beberapa perubahan saat diet, seperti mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Caranya sebagai berikut:

Mengurangi lemak jenuh

Lemak jenuh kerap kali ditemukan dalam daging merah dan produk susu penuh lemak. Kurangi konsumsi lemak jenuh dapat mengurangi kolesterol jahat.

Menghilangkan lemak trans

Lemak trans diketahui sering tercantum pada label makanan sebagai minyak sayur terhidrogenasi parsial. Lemak trans ini mampu meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Food and Drug Administration pun telah melarang penggunaan minyak nabati terhidrogenasi sebagian pada 1 Januari 2021.

Konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kolesterol jahat. Melainkan memiliki manfaat kesehatan untuk jantung lainnya, termasuk mengurangi tekanan darah. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, mackerel, herring, walnut, dan biji rami.

Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Manfaat yang terjadi saat berhenti merokok adalah:

- 20 menit setelah berhenti, maka tekanan darah dan detak jantung akan pulih dari lonjakan akibat rokok

- Dalam tiga bulan setelah berhenti, maka sirkulasi darah dan fungsi paru-paru akan mulai membaik

- Dalam satu tahun setelah berhenti, maka risiko penyakit jantung menjadi setengah dari perokok

Kurangi konsumsi alkohol

Penggunaan alkohol dalam jumlah sedang dan sedikit telah dikaitkan dengan kadar kolesterol baik yang lebih tinggi. Bagi penderita kolesterol hendaknya mengurangi konsumsi alkohol atau bahkan berhenti minum alkohol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini