Share

Terapkan Aturan Waktu Khusus Ngemil untuk Anak, Ini Kata Psikolog

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 612 2636158 terapkan-aturan-waktu-khusus-ngemil-untuk-anak-ini-kata-psikolog-mWOHUkdi5x.JPG anak ngemil, (Foto: Freepik)

MENGASUH dua orang putranya, Titi Kamal beserta suami, Christian Sugiono memiliki sederet aturan pola asuh sendiri.

Termasuk soal aturan dalam hal makan, yakni makan makanan ringan atau mengemil. Titi mengaku, ia menerapkan waktu khusus bagi kedua anaknya untuk boleh makan camilan, terlebih camilan manis.

Titi hanya memperbolehkan anak-anaknya ngemil, saat aktivitas bebas bersama keluarga. Misalnya, saat nonton bersama atau waktu camping di belakang rumah. Tujuannya, agar asupan camilan kedua anaknya tak berlebihan.

“Ini agar anak-anak aku tidak berlebihan mengonsumsi makanan manis, khususnya jenis camilan, aku dan suami membatasi sekali camilan yang dimakan,” ujar Titi Kamal saat dijumpai di di Shangri-La Hotel, Jakarta, Senin (25/7/2022).

Bukan kejam, tapi ternyata parenting style ala Titi dan Tian ini, dibenarkan oleh psikolog Saskhya Aulia Prima. Menurutnya, justru pola asuh anak ala pasangan artis tersebut, bisa jadi inspirasi bagi orang tua lain.

"Membatasi camilan ke anak agar mereka tidak makan berlebihan, dengan menerapkan waktu khusus, adalah sesuatu yang tepat dilakukan oleh orang tua," kata Saskhya.

(Foto: MPI/ Sukardi)

Cara seperti ini, ditambahkan Saskhya, bisa sebagai trik mengajarkan negoasiasi dengan anak.

"Ajak si anak bernegosiasi tentang waktu khusus tersebut, pun soal berapa banyak camilan yang bisa dikonsumsi,” imbuhnya.

Selain anak merasa senang karena bisa makan camilan favoritnya, di sisi lain bernegosiasi dengan anak terkait sesi makan ngemil ini juga membuat anak merasa terlibat dalam keluarga.

“Melibatkan anak dalam menentukan keputusan di dalam rumah, akan membuat si anak merasa hadir dan dihargai suaranya," tandas Saskhya.

 BACA JUGA:Pola Asuh ala Titi Kamal, Terapkan Waktu Khusus Anak untuk Ngemil

BACA JUGA:Anak Mau Jadi Gamers e-Sport? Begini Loh Cara Orangtua Mendukungnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini