Share

3 Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Wajib Diketahui

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 26 Juli 2022 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 298 2636393 3-jus-penurun-kolesterol-paling-cepat-yang-wajib-diketahui-fz8pAbmP5k.png Jus Penurun Kolesterol. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA jus penurun kolesterol paling cepat wajib diketahui bagi mereka yang menderita kolesterol. Kolesterol adalah zat lilin dalam tubuh yang diproduksi hati. Selain dalam tubuh, zat ini juga terdapat dalam produk hewani seperti susu dan daging.

Kolesterol berfungsi melindungi saraf dan membuat jaringan sel atau hormon. Terdapat dua jenis kolesterol, yakni Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Kolesterol sangat penting dalam tubuh, namun jika kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak atau sumbatan dalam pembuluh darah. Penyumbatan yang tak kunjung diobati dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung bahkan stroke.

Oleh sebab itu, perlu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Umumnya, jika kolesterol tinggi dokter akan memberikan obat untuk menurunkan kolesterol. Akan tetapi tak sedikit penderita yang juga berusaha mengobati secara alami dengan konsumsi makanan maupun minuman sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi jus secara teratur.

Kolesterol

Lantas, apa saja jus penurun kolesterol paling cepat yang wajib diketahui? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman okezone dari berbagai sumber berikut ini.

Jus tomat

Tomat adalah buah yang kaya akan senyawa likopen. Likopen merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL "jahat".

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kandungan likopennya. Jus tomat juga kaya akan serat penurun kolesterol dan niasin.

Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan di sciencedirect pada 2015 menemukan bahwa 25 wanita yang minum 280 ml jus tomat setiap hari selama 2 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol darah. Para peserta berusia 20-30 tahun dan memiliki skor indeks massa tubuh minimal 20.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Jus delima

Jus delima diketahui mengandung antioksidan pada tingkat yang lebih tinggi daripada banyak jus buah lainnya. Tak hanya itu, jus satu ini mengandung antioksidan hampir tiga kali lebih banyak daripada teh hijau atau anggur merah. Antioksidan sendiri dianggap memberikan beberapa manfaat melindungi jantung, termasuk mengurangi kolesterol jahat.

Jus Jeruk

Jus jeruk mengandung sejumlah besar flavonoid, terutama hesperidin. Senyawa flavonoid dapat membantu menurunkan kadar serum kolesterol jahat.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine pada 2013 bahwa konsumen jus jeruk jangka panjang memiliki kadar kolesterol total, kolesterol jahat, rasio apo B dan LDL atau HDL yang lebih rendah dan peningkatan folat dan vitamin C dalam makanan mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini