Share

15 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ampuh Turunkan Berat Badan Loh

Cita Zenitha, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2022 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 611 2636403 15-manfaat-jengkol-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-ampuh-turunkan-berat-badan-loh-xq0pqklRrk.jpg Ilustrasi Jengkol. (Foto: Shutterstock)

ADA 15 manfaat jengkol untuk kesehatan dan kecantikan. Selain lezat dijadikan menu santap bersama keluarga, ternyata jengkol memiliki banyak senyawa baik untuk kesehatan.

Jika mendengar kata jengkol pasti yang terngiang pertama adalah baunya yang khas. Memiliki nama latin Archidendron pauciflorum, jengkol masuk ke dalam jenis kacang-kacangan kaya manfaat. Baunya yang khas membuat jengkol kurang diminati banyak orang. Padahal dibalik bau khasnya jengkol membawa sederet kebaikan.

Kira-kira apa saja manfaat baik yang jengkol bawa? Yuk, simak 15 manfaat jengkol untuk kesehatan dan kecantikan dibawah ini.

Menangkal Radikal Bebas

Senyawa vitamin A dan B dalam jengkol sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab tumbuhnya kanker. Tapi tetap konsumsi jengkol dalam batas wajar.

Baik untuk Pertumbuhan Janin dan Ibu Hamil

Zat besi yang terkandung dalam jengkol ternyata baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Dengan mengkonsumsi jengkol menghindari bayi lahir cacat.

Penyempitan Pembuluh Darah Dapat Teratasi

Jengkol kaya akan mineral yang membantu melebarkan pembuluh darah bagi penderita penyakit jantung. Supaya bisa merasakan manfaat jengkol secara optimal jangan masak jengkol terlalu matang.

Jengkol

Mencegah Penyakit Jantung

Jengkol melancarkan peredaran darah sehingga baik untuk penderita penyakit jantung. Senyawa yang terkandung dalam jengkol dapat memperlancar aliran darah.

Demam Berdarah Dapat Teratasi

Selain enak dikonsumsi, jengkol juga mengandung senyawa seperti saponin, alkaloid dan tanin untuk mencegah demam berdarah. Bahkan ekstrak jengkol juga dijadikan sebagai larvasida.

Asam Folat Baik Untuk Mencegah Cacat Bayi

Ternyata jengkol mengandung asam folat yang baik untuk kandungan dan mencegah kecacatan bayi. Tapi konsumsi jengkol tetap dalam batas wajar saja.

Mencegah Diabetes

Penderita diabetes bisa mengkonsumsi jengkol sebagai menu sehari-hari. Jengkol mengandung senyawa jengkolat rendah gula. Senyawa jengkolat pada jengkol sayangnya tidak lahir dalam air, sehingga penderita kelainan ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ini

Melancarkan Buang Air Besar

Jengkol kaya serat membantu melancarkan buang air besar. Selain itu kandungan dalam jengkol juga memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Penderita tekanan darah tinggi bisa mengkonsumsi jengkol untuk makanan sehari-hari. Sebab jengkol termasuk kedalam makanan ramah gula dan baik untuk kesehatan.

Untuk Pencernaan Lancar

Rawat saluran cerna dengan mengkonsumsi jengkol. Bahkan dari penelitian yang dilakukan, jengkol memicu peningkatan enzim superoxide baik untuk melindungi lambung dari penyakit asam lambung.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Kandungan zat besi yang cukup pada jengkol baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Sehingga tubuh terhindar dari anemia dan menjadi lebih kuat.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat bisa dimulai dengan mengkonsumsi jengkol. Senyawa kalsium dan fosfor yang tinggi sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang dan gigi.

Mencegah Anemia

Kekurangan sel darah merah bisa diatasi dengan mengkonsumsi jengkol secukupnya. Tubuh sangat membutuhkan suplai oksigen yang cukup jika kekurangan oksigen bisa menurunkan kinerja sel.

Mencegah Terjadinya Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan dalam jengkol seperti polifenol, flavonoid hingga alkaloid ternyata bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa menjadi pemicu berbagai penyakit kronis bahkan kanker.

Menurunkan Berat Badan

Perut buncit kini bisa diatasi dengan mengkonsumsi jengkol. Sebab jengkol mengandung serat yang baik untuk membersihkan pencernaan dan mempercepat pembakaran energi.

Demikian 15 manfaat jengkol untuk kesehatan dan kecantikan. Namun perlu diingat, konsumsi jengkol dalam batas wajar supaya tidak menimbulkan permasalahan kesehatan yang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini