Share

Baru Lulus Kuliah? Catat 6 Tips Ini Supaya Cepat Dapat Pekerjaan

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Selasa 26 Juli 2022 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 612 2636472 baru-lulus-kuliah-catat-6-tips-ini-supaya-cepat-dapat-pekerjaan-r4F9fQZzCT.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

MENCARI pekerjaan memang jadi salah satu fase kehidupan yang harus dilalui oleh para fresh graduate, alias mahasiswa yang baru saja lulus dari perguruan tinggi.

Selain lapangan kerja yang mungkin terbatas, lebih sedikit daripada yang mencari dan membutuhkannya, ditambah lagi dengan kompetisi ketat.

Tantangan lain, misalnya ada jarak antara fresh graduate dengan pekerjaan yang diinginkan juga muncul di saat para fresh graduate ini mencari pekerjaan.

Nah, agar tidak lama-lama menganggur alias bisa cepat mendapat pekerjaan. Sebetulnya, apa saja sih beberapa hal yang harus dipersiapkan para mahasiswa yang baru lulus tersebut? Simak enam tips dari Praktisi Human Resources (HR), Sukmawati, Selasa (26/7/2022) di bawah ini.

1. Membuat CV yang menarik: Hal ini menjadi sebuah keharusan. Saat ini, banyak situs dan aplikasi yang membantu para pencari kerja untuk mendesain CV yang menarik. CV yang menarik adalah nilai tambah bagi pelamar kerja. Usahakan agar CV menggunakan bahasa Inggris agar bisa dibaca semua pihak. “CV yang menarik akan menentukan apakah perekrut akan memproses lebih lanjut atau tidak," ujar Sukmawati

2. Aktif tebar lamaran: Banyak orang yang sedang mencari kerja, sedangkan lowongan pekerjaan yang tersedia terbatas. Semakin sering dan semakin banyak lowongan yang dilamar, kemungkinan profil seseorang dilihat oleh perekrut akan semakin besar.

3. Fokus dengan kualifikasi pekerjaan: Pelamar kerja sebaiknya fokus melihat kualifikasi serta syarat dari lowongan pekerjaan yang tersedia. Tak hanya itu, pelamar juga harus punya pengetahuan tentang perusahaan yang dilamar. Sering kali di lapangan terjadi, para fresh graduate ini terkadang tidak melihat kualifikasi pekerjaan yang diinginkan dengan baik.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

4. Memperluas jaringan (networking): Semakin banyak bertemu orang, semakin luas relasi. Maka, bisa jadi orang-orang itu yang akan membuka jalan kita untuk mendapatkan pekerjaan atau posisi-posisi pekerjaan yang baru," ujar Sukma.

5. Bersiap untuk segala hal: Fresh graduate harus menerima segala hal yang mungkin terjadi, misalnya tentang penempatan kerja. Ketika dalam proses rekrutmen menyatakan siap untuk ditempatkan di luar kota, komitmen itu harus tetap dipegang saat kita diterima kerja. Dari sejumlah pengalaman yang terjadi, Sukmawati mencatat banyak pelamar kerja yang lantas batal menerima pekerjaan karena tidak siap ditempatkan di luar kota.

6. Berusaha dan berdoa: Satu hal yang tak kalah penting, yakni percaya dengan diri sendiri untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. “Pahami dan sayangi diri sendiri, ketahui kekuatan dan kelemahan diri. Kalau punya kekurangan, sebaiknya diperbaiki agar tidak stuck di titik itu," pungkas Sukmawati.

 BACA JUGA:Tips Parenting ala Nana Mirdad dan Andrew White, Selalu Ajak Anak Diskusi

BACA JUGA:Irish Bella & Mona Ratuliu Bahas Tantangan Parenting Zaman Sekarang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini