Share

Kenali 8 Tanda Kolesterol Tinggi pada Tubuh, Lekas Ditangani Sebelum Terlambat!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 26 Juli 2022 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 612 2636530 kenali-8-tanda-kolesterol-tinggi-pada-tubuh-lekas-ditangani-sebelum-terlambat-RHvxOAsjPM.jpg Ilustrasi Kadar Kolesterol Tinggi. (Foto: Shutterstock)

BEGINI 8 tanda kolesterol tinggi pada tubuh yang harus disadari dan diwaspadai. Kolesterol adalah zat seperti lemak yang diproduksi oleh hati. Zat ini penting untuk pembentukan membran sel, vitamin D, dan hormon tertentu.

Kolesterol termasuk zat yang tidak larut dalam air, sehingga tidak dapat berjalan melalui tubuh dengan sendirinya. Partikel yang dikenal sebagai lipoprotein membantu mengangkut kolesterol melalui aliran darah.

Ada dua bentuk utama lipoprotein. yakni low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, dan High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Keduanya memiliki peran penting masing-masing.

Akan tetapi, jika kadar kolesterol jahat dalam darah tinggi dapat membentuk plak pada pembuluh darah. Plak yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan komplikasi dan yang paling berbahaya menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Kolesterol sama halnya dengan diabetes, keduanya merupakan penyakit golongan silent killer. Sebab, kebanyakan penderita tanpa sadar memiliki penyakit tersebut bila tak melakukan tes darah.

Kolesterol Tinggi

Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengecekan dan kepedulian diri mengetahui tanda kolesterol sedang tinggi. Lantas, apa saja tanda kolesterol tinggi pada tubuh yang perlu diketahui? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman berikut ini.

Sering sakit kepala

Salah satu tanda umum kolesterol tinggi adalah sakit kepala. Penumpukan lemak di pembuluh darah dapat menyebabkan saluran darah menyempit dan pasokan oksigen jadi berkurang. Tak heran, jika penderita kolesterol sering mengalami sakit kepala.

Sering kesemutan

Tanda yang mungkin muncul akibat kolesterol tinggi adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan. Bahkan, tak jarang terdapat beberapa kasus, kaki juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.

Penglihatan menjadi kabur

Penyempitan pembuluh darah di sekitar mata akibat penumpukan kolesterol dapat menimbulkan gejala penglihatan mata menjadi kabur. Seiring dengan tingginya kadar kolesterol, maka aliran darah yang bekerja pada mata juga terhambat. Sehingga menyebabkan penglihatan kabur.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Mudah merasa lelah

Kondisi mudah lelah kerap dialami orang yang mengalami kolesterol tinggi. Kondisi ini sering terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup. Saat kolesterol tinggi, organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras, sedangkan kerja jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah.

Merasakan nyeri dada

Nyeri dada termasuk salah satu komplikasi dari kolesterol tinggi. Kondisi ini terjadi sebab kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri. Penumpukan itu yang berpotensi menyebabkan dada terasa nyeri, hingga meningkatkan resiko pasien mengalami serangan jantung.

Sering kram

Kram pada kaki akan sering terjadi saat tidur bagi penderita kolesterol tinggi. Sebab kolesterol telah merusak arteri tungkai bawah. Kram akan terasa di sebagian besar dirasakan di tumit, kaki depan, atau jari kaki.

Kuku berubah menjadi biru atau gelap

Kuku juga menjadi salah satu cara untuk mengetahui tingkat kolesterol dalam tubuh. Kuku yang sehat umumnya memiliki warna yang cerah, putih, dan sangat segar. Sementara orang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya kuku akan berwarna lebih gelap seperti kehitaman, kebiruan, dan muncul garis-garis.

Adanya Xanthoma atau penumpukan lemak di mata

Munculnya daging lebih yang lembut dan berwarna kuning di sekitar mata juga menjadi ciri kolesterol tinggi. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut xanthomas, yakni kelainan kulit yang ditandai dengan penumpukan lemak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini