Share

Kenali 5 Gejala Darah Tinggi yang Sering Diabaikan

Siska Permata Sari, Okezone · Selasa 26 Juli 2022 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 612 2636711 kenali-5-gejala-darah-tinggi-yang-sering-diabaikan-LE8g9MltB0.jpg Ilustrasi Gejala Hipertensi. (Foto: Shutterstock)

TEKANAN darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu penyakit yang paling banyak membunuh orang. Apalagi, tekanan darah tinggi ini bisa berkembang menjadi penyakit berbahaya seperti penyakit ginjal, gangguan penglihatan, stroke, hingga serangan jantung yang bisa berujung kematian.

Hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2013 dan studi di Puskesmas, diketahui bahwa hanya sepertiga penderita hipertensi atau 36,8 persen yang terdiagnosisi oleh tenaga kesehatan dan hanya 0,7 persen yang minum obat.

Disebut ‘the silent killer’ juga karena pasien yang mengalami tekanan darah tinggi sering tanpa keluhan, sehingga mereka tidak tahu kalau dirinya mengidap hipertensi.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala tekanan darah tinggi. Bila mengalami salah satu atau beberapa gejala tersebut, tidak ada salahnya segera melakukan medical check up. Lantas apa saja sih gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sering tak disadari? Berikut informasi lengkapnya.

Hipertensi

Sakit kepala

Gejala darah tinggi yang mungkin muncul dan jarang disadari adalah sakit kepala. Penderita hipertensi, terutama jika tekanan darahnya sangat tinggi, maka dapat mengalami peningkatan tekanan yang mendorong arteri di dalam otak Anda, sehingga ini menyebabkan sakit kepala atau bahkan sensasi berdebar di bagian telinga.

Penglihatan buram

Penglihatan kabur atau perubahan penglihatan juga bisa menjadi gejala hipertensi. Mengapa? Sebab, di belakang mata terdapat banyak pembuluh darah kecil. Lalu ketika mengalami tekanan darah tinggi, maka pembuluh darah tersebut bisa rusak atau terganggu dan Anda bisa mengalami sesuatu yang disebut retinopati hipertensi.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Merasa kelelahan

Gejala darah tinggi lainnya yakni sering merasa kelelahan. Ketika Anda menderita darah tinggi, itu dapat membahayakan jantung Anda atau cara jantung Anda memompa darah dan aliran oksigen ke tubuh. Hal inilah yang dapat menyebabkan kelelahan.

Sesak napas

Sesak napas bisa menjadi gejala tekanan darah tinggi karena berbagai alasan. Pasien bisa mengalami sesak napas akibat serangan jantung akibat tekanan darah tinggi. Sesak napas juga bisa disebabkan karena edema paru atau kelebihan cairan di paru-paru, yang dapat dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah tinggi.

Nyeri dada

Gejala darah tinggi yang juga dapat terjadi yakni nyeri dada. Gejala ini bisa timbul bila tekanan darah sudah berkembang menjadi penyakit kardiovaskular. Sebab, seperti kita tahu, hipertensi merupakan penyebab utama serangan jantung atau gagal jantung.

Ketika Anda memiliki tekanan darah yang sangat tinggi, itu dapat membahayakan aliran darah ke arteri koroner atau arteri jantung Anda. Hal ini menyebabkan serangan jantung atau infark miokard. Jika kondisi itu terjadi, maka pasien darah tinggi bisa mengalami nyeri dada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini