Share

Batik Tulis Karya 87 Siswa Binaan YPA-MDR Siap Bersaing di Dunia Mode

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 194 2637401 batik-tulis-karya-87-siswa-binaan-ypa-mdr-siap-bersaing-di-dunia-mode-oc8PJ86kXu.jpg Batik Tulis Karya Anak Bangsa (Foto: Ist)

BATIK merupakan salah satu budaya Indonesia yang sudah diakui dunia. Sebagai salah satu bagian dari budaya, sudah sepatutnya jika batik dijaga dan dilestarikan oleh generasi muda. 

Sebagai upaya untuk menciptakan keberlangsungan kecakapan hidup serta pelestarian budaya batik di lingkup daerah, PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menginisiasi program Komunitas Pembatik CIlik di Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul.

Batik Tulis

Program ini merupakan kelanjutan dari program Komunitas Pembatik Cilik di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul yang telah lebih dahulu memulai kegiatannya pada akhir tahun 2021 yang lalu.

Komunitas menaungi 87 siswa-siswi lintas sekolah binaan YPA-MDR yang memiliki minat dan bakat dalam membatik untuk berkarya menghasilkan produk batik tulis yang berkualitas dengan semangat untuk melestarikan budaya batik khas daerah setempat.

Batik Tulis

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan “YPA-MDR telah memulai melakukan pembinaan pilar kecakapan hidup membatik untuk guru-guru dan siswa-siswi di Kecamatan Gedangsari – Kabupaten Gunungkidul dan Kecamatan Pandak – Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta sejak sekitar tahun 2007-2008”. Melalui pembentukan Komunitas Pembatik Cilik Pandak ini, YPA-MDR senantiasa berkontribusi terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah prasejahtera”

“Kami berharap bahwa siswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga dapat terus mengasah kecakapan hidup serta kepercayaan diri yang dapat menjadi bekal bermanfaat untuk masa depan mereka dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerahnya” tambah Herawati.

BACA JUGA : Potret Bos WHO Pakai Batik Yogyakarta, Ungkap Makna dari Motifnya

Ditemui dalam acara Seremoni Ekspor Desa Sejahtera Astra Klaster Kriya 2022 yang berlangsung di Wanawisata Hutan Pinus, Mangunann Bantul, para siswa siswi binaan yang tergabung dalam Komunitas Pembatik Cilik wilayah Pandak dan Gedangsari ini memamerkan hasil karya batik tulis yang di peragakan oleh para finalis peserta Miss Bantul 2022 (26/07).

BACA JUGA : Gaya Selvi Ananda Pakai Batik Dampingi Gibran Rakabuming di Paris, Cantik Banget!

Program pembinaan pilar kecakapan hidup ini menjadi bentuk nyata dukungan YPA-MDR untuk tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenparekraf, Nur Asia Sandiaga Uno yang turut hadir dalam kegiatan itu mengungkapkan salah satu produk ekspor tertinggi dari sektor ekonomi kreatif yaitu produk kriya dan fashion.

Nur Asia

Produk tersebut antara lain perhiasan, perak, tenun, batik dan berbagai produk kerajinan tangan lainnya. Nur Asia mengapresiai karena melalui program desa sejahtera ini telah berhasil membina lebih dari 900 desa di Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi program ini, dengan menggali potensi produk kreatif desa program ini telah berkontribusi membangkitkan perekonomian masyarakat serta menciptakan masyarakat desa yang sejahtera," katanya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini