Share

5 Cara Merawat Kulit Ketika Sudah Mulai Menopause

Pradita Ananda, Okezone · Rabu 27 Juli 2022 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 611 2637463 5-cara-merawat-kulit-ketika-sudah-mulai-menopause-Ai98ktfgQ1.JPG trik merawat kulit wajah saat menopause, (Foto: Timesofindia)

KEBANYAKAN wanita dengan rentang usia 45 hingga 55 tahun biasanya sudah mulai memasuki masa menopause. Malah sebagian wanita, bisa juga menopause prematur di usia sebelum 45 tahun.

Salah satu tanda paling jelas Anda sudah menopause, yakni dengan tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut. Nah, di saat menopause ini kulit juga mengalami perubahan karena beradaptasi dengan perubahan hormonal. Artinya, kolagen juga jadi lebih sedikit kolagen, sehingga mengurangi elastisitas kulit.

Lantas bagaimana cara merawat kulit yang tepat setelah menapouse? Melansir Timesofindia, Rabu (27/7/2022) berikut uraian lima tips cara merawat kulit wajah saat sudah menapouse.

1. Cleansing: Pakai sabun pencuci wajah yang bebas parabenl, tujuannya untuk mengunci kelembapan kulit. Pastikan untuk menggunakan produk yang tidak menghilangkan minyak alami dari wajah.

2. Exfoliating: Pilih scrub yang sesuai untuk menghilangkan komedo, lakukan ritual eksfoliasi dan setidaknya sekali seminggu agar sel-sel kulit mati terangkat. Boleh loh pakai produk exfoliasi yang mengandung AHA, BHA, dan PHA.

3. Wajib pakai serum dan suplemen wajah: Tahapan ini bertujuan untuk meningkatkan kadar kolagen kulit dari waktu ke waktu, karena memakai suplemen kolagen adalah metode yang direkomendasikan untuk meningkatkan kolagen. Kombinasi dengan penggunaan serum wajah yang mengandung vitamin C dan retinoid, bisa bantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Tidak hanya itu, juga bisa merangsang produksi pembuluh darah baru di kulit, yang meningkatkan warna kulit.

4. Pakai pelembap: Paska menopause sangat penting menjaga kulit wajah untuk selalu lembap. Salah satu cara paling mudah ialah menggunakan krim pelembap. Selain itu bisa juga dengan rutin memakai sleeping water mask atau masker formula berbasis gel dengan asam hialuronat sebagai bahan utama. Ini fungsinta sebagai pelumas pada persendian dan jaringan lain, bekerja sangat baik bikin kulit tetap kenyal

5. Sunscreen: Wajib pakai tabir surya setiap hari sebelum keluar rumah. Cara ini simpel, tapi sangat membantu mencegah kanker kulit. Pilih sunscreen yang sesuai tipe kulit, misalnya sunscreen berbasis air yang cocok untuk kulit berminyak. Jangan lupa untuk re-apply sunscreen setiap dua hingga tiga jam sekali ya!

 BACA JUGA:Kulitmu Sensitif, Coba Rawat dengan 7 Tips Ini Yuk!

BACA JUGA:4 Tips Miliki Kulit Bening ala Glass Skin Cewek Korea

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini