Share

Cegah Anak di Bawah Umur Nonton Film Dewasa, Ini yang Dilakukan LSF

Novie Fauziah, Okezone · Rabu 27 Juli 2022 23:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 612 2637238 cegah-anak-di-bawah-umur-nonton-film-dewasa-ini-yang-dilakukan-lsf-ph4Rfayktc.jpg Anak nonton film dewasa (Foto: The conversation)

GERAKAN Nasional Budaya Sensor Mandiri yang telah dicanangkan pada penghujung tahun 2021 lalu, saat ini kian digencarkan kembali oleh Lembaga Sensor Film (LSF). Hal tersebut guna mencegah anak-anak di bawah umur menonton film-film dewasa di bioskop, sebab di sini peran orangtua sangatlah berpengaruh.

Seperti dijelaskan dalam Pasal 61 UU No. 33 Tahun 2009, tentang Perfilman disebutkan bahwa Lembaga Sensor Film membantu masyarakat agar dapat memilah dan menikmati pertunjukan film yang bermutu. Serta memahami pengaruh film dan iklan film.

 LSF

Ketua LSF Rommy Fibri Hardiyanto mengatakan, terkait tugas literasi ini beberapa bentuk kegiatan telah dilakukan oleh pihaknya dalam kurun waktu dua tahun ke belakang. Di antaranya melalui Webinar yang mengundang narasumber dari praktisi film, akademisi, aktor maupun aktris hingga pemerintah.

Selanjutnya sosialisasi Budaya Sensor Mandiri secara luring, dan kolaborasi dengan beberapa perguruan tinggi maupun pemerintah daerah, dan pembentukan Desa Sensor Mandiri.

"LSF sebelumnya juga sudah memberi imbauan kepada pengelola bioskop, supaya lebih ketat dalam pengawasan agar tidak ada anak kecil di bawah umur yang masuk dan ikut. Serta menyaksikan film yang tidak sesuai dengan usia mereka," ujarnya dalam konferensi pers Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri, di bilangan Jakarta Selatan, Rabu (27/07/2022).

Rommy melanjutkan, bahwasannya sejauh ini pihak pengelola bioskop sudah melakukan berbagai cara untuk memberikan informasi terkait film, dan penggolongan usia penontonnya melalui berbagai media.

Ia pun menyebut di antaranya dengan menayangkan telop, yaitu tayangan singkat yang berisi informasi mengenai film seperti judul, durasi, nomor Surat Tanda Lulus Sensor (STLS) dan tentu saja peruntukkan usianya.

 BACA JUGA:Melahirkan Anak Pertama, Ria Ricis Minta Kado Spesial dari Mesir ke Oki Setiana Dewi

"Bahwa gerakan ini harus dilakukan dari diri," pungkasnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini