Share

Begini 5 Cara Atasi Kaki Bengkak ketika Hamil

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 612 2637325 begini-5-cara-atasi-kaki-bengkak-ketika-hamil-47ITbt9vPf.jpg Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

KETIKA seorang perempuan mengalami kehamilan, memang akan membuat perubahan pada bentuk tubuhnya. Salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah kaki bengkak saat kehamilan.

Melansir dari laman Medical News Today, mengalami kaki bengkak saat hamil adalah hal yang wajar. Hal itu dikarenakan ketika kandungan sudah mulai membesar, artinya pertumbuhan janin dan rahim yang mulai membesar juga.

Sehingga dapat memberikan tekanan berlebih pada tungkai dan kaki. Kondisi inilah yang bisa memicu kaki bengkak saat hamil. Selain itu, sirkulasi darah saat hamil juga relatif lebih lambat. Alhasil cairan pun menumpuk di dalam tubuh dan memicu kaki bengkak.

Ibu hamil

Tapi, jangan khawatir, meski mengalami bengkak ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil berikut ulasannya.

Sering Istirahatkan Kaki

Untuk ibu hamil disarankan agar tidak terlalu sering berdiri dan sering istirahatkan kaki. Contohnya ketika duduk dengan posisi kaki diangkat ke atas saat istirahat. Sesekali, tekuk kaki untuk meregangkan otot betis.

Tidur Miring Kiri

Selanjutnya perhatikan posisi tidur. Disarankan tidur untuk miring ke kiri bisa membantu mengurangi tekanan dari pembuluh darah vena besar. Bisa tambahkan juga bantal untuk mengganjal bagian kaki dengan posisi tidur ini, kaki bengkak saat hamil bisa sedikit teratasi.

Kurangi Asupan Natrium

Kurangi asupan natrium (atau garam) karena garam membuat tubuh menahan air. Selain itu, cobalah untuk menghindari makanan kalengan atau olahan, karena sangat tinggi natrium.

Tingkatkan Asupan Kalium

Kurangnya asupan kalium bisa memperburuk pembengkakan. Pasalnya kalium membantu tubuh menyeimbangkan jumlah cairan yang ditampungnya. Kamu bisa mengkonsumsi makanan tinggi kalium seperti kentang, ubi jalar, pisang, bayam dan kacang-kacangan.

Banyak Minum Air Putih

Mengatasi kaki bengkak saat hamil adalah dengan banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini