Share

Sensasi Santap Sate Domba Sakub di Brebes, Dagingnya Empuk dan Lembut Bikin Nagih!

Gita Chaerani, Jurnalis · Kamis 28 Juli 2022 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 298 2637745 sensasi-santap-sate-domba-sakub-di-brebes-dagingnya-empuk-dan-lembut-bikin-nagih-FwGLCqHQTX.jpg Sate Domba Sakub di Brebes (Foto: YouTube/Buletin iNews)

BAGI pencinta kuliner sate kambing wajib sekali mencoba Sate Domba Sakub yang terletak di Brebes, Jawa Tengah. Empuk dan lembut dari sate domba ini pasti akan membuat siapapun yang mencoba ketagihan.

Domba sakub merupakan jenis domba persilangan antara domba texel, sulfok, atau merino dengan domba lokal. Domba yang berukuran cukup besar ini di ternak di dataran tinggi Kaligua, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Sate Domba

Seperti di salah satu warung sate dan gulai domba sakub yang berada di Desa Kretek, Kecamatan Paguyungan yang selalu ramai pengunjung. Seperti apa rasanya?

“Komentar saya pertama adalah luar biasa karena teksturnya empuk lebih empuk dari kambing, kemudian rasa perngusnya ngga ada, ini sangat luar biasa dan saya baru merasakan sate yang seperti ini dan rasanya luar biasa,” ucap salah satu pengunjung yang dikutip dari Buletin iNews Pagi, Youtube Buletin iNews.

BACA JUGA : Sensasi Menyantap Lolak, Sate Siput Khas Aceh yang Menggugah Selera

Dengan memiliki ukuran badan cukup besar, tak heran domba sakub sering dijadikan olahan makanan yang sangat nikmat. Ditambah lagi dengan banyaknya pengunjung yang sudah mengunjungi warung tersebut.

BACA JUGA : Sajian Kuliner Legendaris Warung Makan Mek Rebu Khas Bali, Berjualan sejak Tahun 1950!

Menurut pemilik warung, awalnya ia hanya bisnis ternak dan hanya menjual pada hari raya kurban saja. Namun, pemilik warung mencoba membuka kuliner sate domba Sakub yang sangat lembut.

“Saya terinpirasi tahun 2022 kemarin waktu mau lebaran buka sate domba sakub, Alhamdulillah sudah terlaksana buka pasca lebaran lewat 5 hari. Sampai sekarang 2-3 ekor bisa habis,” ungkap Muhtarom pemilik warung.

Dijelaskan pula, domba sakub yang dijadikan sate biasanya berumur 3-5 bulan dengan berat mencapai 26 kg. untuk harga seporsi sate domba sakub yang berisi 20 tusuk sate dibanderol Rp 90 ribu.

Menurut pengunjung harga yang ditetapkan cukup murah dan terjangkau mengingat potongan sate ini yang besar-besar. Selain ada sate ternyata warung ini juga menyajikan gulai domba sakub yang sangat nikmat jika disajikan dengan sate domba sakub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini