Share

5 Jenis Susu yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol, Ada yang Dijual di Warung!

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 28 Juli 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 298 2637934 5-jenis-susu-yang-ampuh-untuk-menurunkan-kolesterol-ada-yang-dijual-di-warung-8kSlSrNuM8.jpg 5 Jenis Susu yang Ampuh untuk Menurunkan Kolesterol

5 JENIS susu yang ampuh untuk menurunkan kolesterol penting untuk Anda ketahui. Ya, susu ternyata bisa jadi 'alat' untuk turunkan kolesterol. Tapi, tidak semua susu punya manfaat ini, karena malah ada jenis susu yang kandungan kolesterolnya tinggi dan Anda harus jauhi itu.

So, apa saja 5 jenis susu yang ampuh turunkan kolesterol tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya:

1. Oat milk

5 Jenis Susu yang ampuh untuk menurunkan kolesterol

(5 Jenis Susu yang ampuh untuk menurunkan kolesterol, Foto: Tastingtable)

Susu yang satu ini popularitasnya sedang naik daun. Banyak orang memilih oat milk dibandingkan susu sapi, karena manfaatnya yang dinilai lebih banyak bagi kesehatan.

Oat milk diketahui memiliki serat larut yang tinggi dan ini mendukung penurunan kolesterol. Kandungan beta-glucan yang ada di oat milk juga memainkan peran ganda dalam mengatur metabolisme kolesterol dan kesehatan mikrobiota usus.

BACA JUGA : Konsumsi Susu di Indonesia Masih Rendah, Jadi Penyebab Utama Stunting?

2. Susu kedelai

Susu jenis ini banyak jadi pilihan mereka yang vegan. Susu kedelai mengandung 80 kalori dan hanya 2 gram lemak per porsi 1 cangkirnya. Dengan kandungan kalori yang rendah, susu ini baik untuk Anda yang punya kolesterol tinggi.

Tapi, susu kedelai rendah protein sehingga Anda yang mengincar protein tinggi pada asupan makanan perlu mempertimbangkan susu ini untuk diminum.

BACA JUGA : Kaya Akan Serat, Susu Kedelai Cocok untuk Pasien Jantung Koroner

3. Susu almond

Susu almond diyakini baik untuk jantung. Tak hanya itu, susu almond juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan membantu menjaga sel tubuh tetap prima. Sama seperti susu kedelai, susu jeni sini pun rendah protein dibandingkan dengan susu sapi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Susu ganja

Kaget dengan poin yang satu ini? Susu ganja di sini mengacu pada susu rami yang mana rami sendiri adalah varietas ganja yang tidak mengandung THC atau bahan psikoaktif yang ada di daun ganja.

Susu rami direkomendasikan untuk Anda yang sedang menstabilkan kadar kolesterol dalam darah karena susu ini sama sekali tidak mengandung kolesterol. Menariknya, susu ini kaya akan kalsium dan magnesium.

5. Susu beras

5 Jenis Susu yang ampuh untuk menurunkan kolesterol

(5 Jenis Susu yang ampuh untuk menurunkan kolesterol, Foto: Tastingtable)

Tak ada kolesterol di dalam susu ini pun dianggap baik untuk Anda yang sedang mengontrol kolesterol. Tapi, perlu dicatat bahwa susu jenis ini tinggi karbohidrat, jadi kalau Anda membatasi karbohidrat, perlu dipertimbangkan untuk minum susu beras.

So, itu dia 5 jenis susu yang ampuh turunkan kolesterol. Sebagian dari daftar di atas bukan susu yang susah didapatkan, bukan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini