Share

Cara Memasak Beras Shirataki yang Rendah Kalori, Pas untuk Diet!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 298 2638248 cara-memasak-beras-shirataki-yang-rendah-kalori-pas-untuk-diet-57Ep8urV6y.jpg Beras shirataki (Foto: Timesofindia)

BERAS shirataki dikenal sebagai ‘beras rendah kalori’. Sebab, memang beras shirataki berbeda dan memiliki jumlah kalori serta karbohidrat yang lebih rendah daripada beras biasanya. Oleh karena itu, beras shirataki cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet rendah karbohidrat.

Beras shirataki juga memiliki bentuk, warna, dan tekstur yang berbeda setelah dimasak. Beras shirataki ini memiliki warna yang lebih bening atau transparan dan rasa yang lebih lembut seperti jelly.

Bagi Anda yang hendak mencobanya untuk pertama kali, mungkin bertanya-tanya bagaimana sih cara memasak beras shirataki? Sebelum itu, penting juga untuk mengetahui manfaat kesehatan beras shirataki.

Beras Shirataki

Selain cocok dikonsumsi untuk diet, beras shirataki juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lain. Di antaranya membantu menurunkan kadar gula darah, membantu menurunkan kolesterol, hingga mengatasi sembelit.

Nah, lantas bagaimana sih cara memasak beras shirataki? Berikut cara memasak beras shirataki beserta resepnya.

Cara memasak beras shirataki dengan rice cooker

Cukup mudah cara memasak beras shirataki menggunakan rice cooker. Pertama, ambil satu cangkir beras shirataki ke wadah rice cooker. Lalu, cuci beras shirataki minimal sebanyak dua kali. Setelah itu, rendam selama kurang lebih 30 menit.

Bila sudah, saring, dan rendam beras shirataki dengan air sebanyak 2 setengah cangkir. Masak hingga matang seperti memasak beras biasa.

BACA JUGA : Rendah Kalori, Ini 3 Olahan Shirataki yang Lezat

BACA JUGA : Mencicip Nasi Shirataki ala Pekalongan, Cocok untuk Diet

Cara memasak menggunakan panci biasa

Cara memasak beras shirataki lainnya yakni dengan cara manual menggunakan panci biasa. Langkah-langkahnya, cuci beras shirataki minimal sebanyak dua kali. Setelah itu, rebus beras shirataki menggunakan 2 setengah cangkir selama 20 menit atau sampai beras berubah menjadi nasi matang. Aduk agar matang merata.

Setelah mengetahui cara memasak beras shirataki, berikut resep beras shirataki yang bisa Anda coba!

Nasi goreng shirataki

Bahan-bahan:

Nasi shirataki

1 butir telur

1 siung bawang putih iris tipis

1 batang daun bawang

2 sendok teh kaldu jamur/sesuai selera

1 sendok teh minyak untuk numis

Cara membuat:

1. Pertama, panaskan wajan yang telah diberikan minyak. Lalu masukkan irisan bawang putih dan daun bawang.

2. Kemudian, masukkan telur, aduk.

3. Setelah itu, masukkan nasi shirataki dan tambahkan kaldu jamur. Masak hingga tercampur rata.

4. Angkat dan sajikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini