Share

8 Makanan Vegetarian Asli Indonesia, Semuanya Enggak Bikin Dompet Jebol!

Melati Septyana Pratiwi, MNC Portal · Jum'at 29 Juli 2022 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 298 2638725 8-makanan-vegetarian-asli-indonesia-semuanya-enggak-bikin-dompet-jebol-O8XjqMEVcK.JPG 8 Makanan Vegetarian Asli Indonesia, (Foto: Instagram @galeryresepterkini)

8 Makanan Vegetarian Asli Indonesia, saat mendengar makanan vegetarian mungkin pada sebagian orang langsung lekat dengan imej makanan sehat yang harganya mahal.

Nah, jangan salah, makanan vegetarian asli Indonesia bukan hanya cukup beragam dan mudah ditemui. Tapi juga nikmat dan tidak membuat dompet Anda jebol.

Jadi penasaran kan apa saja sih makanan vegetarian asli Indonesia tersebut? Menghimpun Sehatq dan berbagai sumber, Jumat (29/7/2022) berikut di bawah ini paparan singkat 8 makanan vegetarian asli Indonesia yang cocok untuk kamu, si penyantap sayuran hingga protein nabati.

1. Sayur asem: Jenis sayur ini merupakan satu dari sederet jenis olahan sayur favorit masyarakat Indonesia. Rasa kuahnya yang asam, gurih dan pedas segar mampu membangkitkan selera makan. Isian sayur didalamnya juga cukup bervariatif. Mulai dari jagung, kacang panjang, daun melinjo, labu, nangka, dan juga kacang tanah.

2. Kupat tahu:Jika dilihat, kupat tahu cukup mirip dengan ketoprak. Kondimen yang disajikan terdiri dari tauge, kupat atau lontong, juga tahu sebagai protein nabati. Semua itu disantap bersama kaus kacang kental dan kecap yang bikin tambah lezat.

3. Ketoprak: Terdiri dari bihun dan juga tauge yang disiram saus kacang, ketoprak juga dilengkapi asupan protein yang berasal dari tahu goreng. Rasa gurih saus kacang sangat serasi dipadukan bihun , tahu, dan juga kesegaran dan kerenyahan tauge.

(8 Makanan Vegetarian Asli Indonesia, Foto: Instagram @dapurmamaresepp)


4. Pecel: Masih menggunakan saus kacang, makanan vegetarian asli Indonesia bernama pecel memiliki isian yang berbeda dari ketoprak. Sayuran dalam pecel lebih beraneka ragam, dalam satu hidangan pecel, setidaknya lebih dari tiga jenis sayur yang dimasukkan. Mulai dari tauge, kacang panjang, kembang turi, bayam, kemangi, dan lain-lain.

5. Karedok: Hidangan sehat yang terdiri dair macam-macam sayuran, yang dibiarkan mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Potongan kacang panjang, kemangi, tauge, kol, mentimun, dan leunca disiram bersama saus kacang beraroma khas kencur.

6. Gado-gado: Gado-gado menempati urutan berikutnya dalam daftar makanan vegetarian khas Indonesia. Mulai dari karbohidrat, sayuran, hingga protein nabati dapat ditemukan dalam satu porsi gado-gado. Saus kacang gurih manis menyelimuti setiap bahan rebusan seperti jagung, kacang panjang, kangkung, kentang, dan juga labu. Tempe dan tahu pun tak luput menghiasi seporsi gado-gado. Jika ingin lebih kenyang, gado-gado bisa ditambahkan pula dengan irisan lontong atau ketupat.

7. Plecing kangkung: Hidangan yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ini juga termasuk dalam makanan vegetarian asli Indonesia. Pecinta pedas dijamin akan ketagihan jika mencicipi makanan vegetarian khas Indonesia yang satu ini, segarnya kangkung rebus berpadu sensasi pedas dari sambal dengan aroma rempah.

(8 Makanan Vegetarian Asli Indonesia, Foto: Instagram @agustialidya88)


8. Sayur lodeh: Gurihnya kuah santan, dinikmati bersama aneka sayuran seperti labu siam, kacang panjang, nangka, daun melinjo, dan lain-lain. Terkadang ada pula, yang mencampurkan potongan tempe ke dalam sayur lodeh sehingga menambah lengkap asupan protein.

 BACA JUGA:Cara Memasak Beras Shirataki yang Rendah Kalori, Pas untuk Diet!

BACA JUGA:Perbedaan Kalori Roti Gandum dan Kalori Roti Tawar Biasa

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini