Share

Pemalsuan Air Minum Dalam Kemasan Sering Terjadi, BPOM Harus Lindungi Kesehatan Masyarakat

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2022 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 612 2638658 pemalsuan-air-minum-dalam-kemasan-sering-terjadi-bpom-harus-lindungi-kesehatan-masyarakat-A7cOzUyL8i.jpg Air minum dalam kemasan (Foto: Freepik)

PEMALSUAN atau pengoplosan air minum dalam kemasan (AMDK) galon isi ulang terus berulang terjadi.

Pengungkapan ini terjadi ketika belum lama ini patroli polisi menemukan aktivitas pengoplosan AMDK di Panggungrawi, Kecamatan Jombang, sekitar 10 menit perjalanan dari Kota Cilegon, Banten.

“Sebenarnya fenomena ini sudah lama terjadi, sehingga seharusnya bisa dideteksi dari awal,” kata Anggota Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tubagus Haryo.

 air minum

Oleh karena itu, Tubagus mendesak produsen untuk mengambil langkah-langkah responsif. Di antaranya, dia meminta produsen yang minumannya sering dipalsukan untuk mengevaluasi seluruh mata rantai distribusinya secara rutin.

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal Halim juga mengatakan lembaganya sudah sejak tahun lalu mengkaji kasus-kasus pemalsuan galon isi ulang bermerek. Bahkan, BPKN sudah memberi rekomendasi kepada pemerintah agar mengawasi persoalan ini. “Rekomendasi itu terkait higienitas galon isi ulangnya dan juga praktik mengubah galon isi ulang,” katanya.

Pengawasan pemerintah, menurut Rizal, diperlukan pada aspek sumber air, logistik air, distribusinya, hingga potensi kontaminasinya dengan bahan-bahan berbahaya.

Oleh karena itu, Rizal mengatakan, BPKN akan mendukung langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah, dalam hal ini Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM harus melindungi mutu, kesehatan, dan keamanan pangan, termasuk rencana kebijakan labelisasi BPA pada AMDK galon isi ulang. Intinya BPKN terus mendukung upaya BPOM melindungi kesehatan masyarakat dengan berbagai kebijakan yang dibuatnya.

 BACA JUGA:BPOM Belum Beri Lampu Hijau untuk 2 Vaksin Cacar Monyet

“(Kebijakan BPOM—red) tidak hanya untuk melindungi kesehatan masyarakat saja sebagai konsumen, tapi juga industri AMDK,” ujar Rizal.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini