Share

Jagantara Usung Cinta Budaya Rasa Anak Muda, Jangan Sampai Pudar Ya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 612 2638717 jagantara-usung-cinta-budaya-rasa-anak-muda-jangan-sampai-pudar-ya-2wRqPPk4Oj.jpeg Jagantara. (Aldhi Chandra Setiawan/MPI)

WARISAN Budaya Indonesia (WBI) Foundation mengajak masyarakat untuk lebih menjaga warisan budaya Indonesia. Oleh karena itu, Jaga Warisan Nusantara atau Jagantara pun dilakukan di Ashta District 8 Jakarta Selatan, Jagantara.

Pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan hadirnya tenant fashion yang menyuguhkan wastra Nusantara, tapi juga ada area kuliner dengan kejutan makanan pasarnya yang menggugah selera. Bahkan, agar acara semakin meriah disediakan spot untuk membatik.

"Adanya spot membatik ini membuat kita anak muda bisa belajar lebih dalam mengenai budaya Indonesia. Jadi, kami enggak hanya tahu batik sudah jadi pakaian, tapi tahu proses dari awal. Itu bikin kami lebih menghargai budaya Indonesia," papar Mery, salah satu pengunjung Jagantara saat diwawancarai MNC Portal Indonesia, Jumat (29/7/2022).

Soal ide acara, dijelaskan salah satu WBI Founder Gista Wishnutama, Jagantara ini dihadirkan di tengah-tengah masyarakat untuk menjaga kekayaan budaya Indonesia sehingga dapat dirasakan terus oleh generasi selanjutnya. Acara ini juga dihadirkan untuk mendukung pelaku industri kreatif khususnya yang berfokus pada budaya Indonesia.

Jagantara

"Jagantara hadir bukan hanya untuk mendukung pelaku kreatif yang concern terhadap budaya Indonesia, tapi juga di satu sisi kami ingin generasi muda budaya Indonesia kalau dilihat itu keren dan kami ingin mereka suka atas inisiasi mereka sendiri," terang Gista saat ditemui seusai pembukaan Jagantara.

Lebih lanjut, Founder WBI Foundation lainnya, Franka Franklin Makarim, menjelaskan bahwa Jagantara ini adalah bentuk nyata bagaimana generasi muda melestarikan budaya Indonesia dan melibatkan budaya itu ke dalam keseharian.

"Kalau mau melestarikan budaya Indonesia, kita harus create orang harus mau dan bagaimana orang mau kalau mereka tidak lihat. Makanya, Jagantara ini hadir bukan hanya memberi spotlight pada satu brand, tapi kami beri peluang untuk brand lain yang juga sama-sama mau melestarikan budaya agar besar bersama," ungkap Franka.

"Semoga Jagantara yang berlangsung dari 29 Juli hingga 21 Agustus 2022 bisa memberi angin segar kepada pelaku kreatif di Indonesia, agar ekosistem ini bisa berjalan dengan maksimal," tambahnya.

Di sisi lain, Ketua Divisi Anak Muda WBI Foundation Audy Pratama menerangkan bahwa Jagantara ini adalah satu inisiasi yang digerakkan oleh anak muda untuk anak muda. Acara ini sekaligus memberi gambaran kepada generasi muda bahwa budaya Indonesia bisa tetap hadir di kehidupan modern.

"Makanya, di Jagantara kami coba suarakan tren berkain, baik itu pada perempuan maupun laki-laki. Kami ingin memberitahu bahwa mengenakan wastra Nusantara itu bisa dilakukan di aktivitas modern, termasuk saat party," terang Audy.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Divisi Anak Muda WBI Foundation Celina Hadiningrat, bahwa dengan hadirnya Jagantara, pihaknya mencoba menjadi trendsetter di tengah-tengah modernisasi sekarang, budaya Indonesia tetap bisa 'outstanding'.

"Kami berharap Jagantara ini memberi influence kepada anak muda bahwa tidak usah ragu untuk tampil dengan gaya etnik mengenakan wastra Nusantara. Kita tetap keren dengan pakaian ini dan malah jadi pelopor gaya baru di zaman modern ini," tambah Celina.

Perlu diketahui, Jagantara ini pun akan diramaikan oleh beberapa musisi Tanah Air, seperti RAN, Maliq & D'Essential, Reza Artamevia, dan The Geronimo yang secara khusus akan memainkan musik tradisional yang dikombinasikan dengan permainan DJ.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini