Share

3 Makanan Laut yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Apa Saja Ya?

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 298 2638928 3-makanan-laut-yang-mengandung-kolesterol-tinggi-apa-saja-ya-b3ps7FFgvI.jpg Ilustrasi makanan laut mengandung kolesterol tinggi. (Foto: MP1746/Pixabay)

MAKANAN laut atau seafood adalah salah satu kuliner favorit banyak orang. Namun sangat penting diketahui bahwa di balik lezatnya penganan tersebut, ternyata ada yang mengandung kolesterol tinggi. Jadi wajib diwaspadai, karena dapat memicu penyakit seperti jantung hingga stroke.

"Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Hal ini membuat darah sulit mengalir melalui arteri. Jika ini pecah dapat membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke," jelas keterangan dalam Hearthfoundation.org.au, Jumat 29 Juli 2022.

Guna mengetahui makanan laut apa saja yang mengandung kolesterol tinggi. Berikut ulasannya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: Uniknya Kuliner Kerang Cobek Odor Sambal Pedas, Bikin Lidah Terbakar tapi Enaknya Top! 

1. Lobster

Lobster mendapat reputasi buruk karena kolesterolnya tinggi. Jika dibandingkan satu porsi 3½ ons steak sirloin tanpa lemak memiliki 64 miligram kolesterol, lobster dalam jumlah yang sama memiliki 145 mg.

"Di samping itu, lobster menyediakan sejumlah besar mineral seperti seng, kalsium, fosfor, selenium, dan kalium, serta vitamin B," kata Faye L Dong Ph.D, profesor emerita, departemen ilmu pangan, dan nutrisi manusia, dikutip dari Consumerreport.org.

Baca juga: 4 Hidangan Seafood Khas dari Spanyol hingga Jepang 

2. Udang dan kerang

Perlu diketahui bahwa kebanyakan kerang mengandung kurang dari 100 mg kolesterol per 3 ons sajian yang dimasak. Sedangkan udang mengandung jumlah kolesterol yang agak lebih tinggi dengan 170 mg per 3 ons sajian yang dimasak.

3. Kepiting

Selain udang dan kerang, rupanya kepiting juga salah satu jenis makanan laut yang kurang baik untuk penderita kolesterol tinggi. Pasalnya seafood yang satu ini, kandungan kolesterolnya tergolong cukup tinggi, dalam 84 gram kepiting terdapat 95 mg kolesterol.

Sekedar informasi, tidak ada penyebab tunggal kolesterol tinggi, tetapi ada beberapa faktor risiko yang dapat dikendalikan, misalnya merokok; dan faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan, misalnya usia.

Berikut ini faktor risiko untuk kolesterol tinggi: usia, merokok, kurangnya aktivitas fisik, kegemukan atau obesitas, sejarah keluarga, pola makan tidak sehat.

Baca juga: Resep Cumi Judes, Pedasnya Menggoyang Lidah! 

Baca juga: Pedas Nikmat Kuliner Udang Kepah Tauco, Bikin Lidah Ketagihan! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini