Share

MNC Peduli Bersama KOIN Bantu Sediakan Kantong Stoma untuk Penderita Ostomate

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2022 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 612 2639093 mnc-peduli-bersama-koin-bantu-sediakan-kantong-stoma-untuk-penderita-ostomate-dXTe9mv3xS.jpg MNC Peduli bersama KONI (Foto: Ayu/MPI)

MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih bersama Komunitas Ostomate Indonesia (KOIN) menyelenggarakan ostomathe gathering bertajuk Sinergi #KitaAdadanKitaPeduli “Bersama Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Ostomate Indonesia”.

Kegiatan ini ditujukkan sebagai bentuk support kepada para penderita ostomate. Pasalnya penderita ostomate di Tanah Air terbilang banyak namun jarang terekspos dan kurang disupport.

MNC Peduli

Dalam acara tersebut turut memberikan kantong stoma bagi para penderita yang diserahkan secara simbolis oleh perwakilan MNC Peduli bersama KOIN kepada salah satu penderita ostomate.

Ostomate sendiri adalah orang dengan kondisi stoma yaitu adanya lubang di perut akibat tindakan operasi pengangkatan saluran cerna atau saluran kemih.

Dokter Fajar Firsyada mengatakan bahwa kantong stoma sendiri sulit untuk didapatkan, salah satunya karena harganya terbilang mahal.

"Nah ini masalah yang ada pada pasien- pasien stoma, bahwa kantong ini tidak murah, harganya masih cukup maha," ujar dr Fajar Firsyada selaku pembina Yayasan KOIN di kawasan Taman Margasatwa Ragunan, Sabtu (30/7/2022).

MNC Peduli

Maka dari itu KOIN berusaha membantu para penderita ostomate yang kurang mampu.

"Sehingga kami dari KOIN itu membentuk komunitas kita mencari untuk membantu para pasien stoma yang memang kekurangan," tambah dr Fajar Firsyada.

Untuk harga satu pcs kantong stoma dibanderol harga sekitar Rp20 ribu sampai Rp30 ribu tergantung merek.

"Tapi saat ini masih dari import karena itu kita mencari donasi untuk kantong supaya keluarga atau pasien yang stoma di seluruh Indonesia bisa kami support," tutur dr Fajar Firsyada.

Sementara untuk pemakaian, tentunya ada jangka waktunya. Jika pemakaian dan pemasangan kantong stoma dilakukan secara benar maka bisa bertahan sampai 2 mimggu.

"Pemakaian kantong ini ada waktunya, karena ada lem nya. Ini tergantung dari bagaimana perawatan dari si pasien kalau dia perawatannya baik tidak sampai tinggu penuh, lem nya itu baik cara pemasangan nya kantong itu pasti kita pakai sampa 2-3 minggu," terang dr Fajar Firsyada.

"Tapi kalau cara masangnya nggak baik cara perawatan nya juga tidak baik itu bisa lebih cepat, sehari juga minta ganti," lanjutnya.

Sebagai informasi ostomate terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa karena kecelakaan, trauma infeksi hingga kanker di saluran kemih dan usus.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini