Share

Yuk Mengenal Sejarah Kuliner Nusantara di Pameran Jagantara

Siska Permata Sari, Okezone · Minggu 31 Juli 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 31 298 2639589 yuk-mengenal-sejarah-kuliner-nusantara-di-pameran-jagantara-3pzy60Egjb.JPG Kuliner Nusantara, (Foto: MPI/ Siska)

WARISAN Budaya Indonesia (WBI) Foundation menggelar pameran Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) di SCBD, Jakarta. Tidak hanya memperlihatkan kain-kain Nusantara, pameran ini juga menyajikan kekayaan kuliner serta jajanan lokal Indonesia.

Uniknya, pameran Jagantara ini dihelat di tempat hits yang digandrungi anak muda, Ashta District 8, SCBD, Jakarta. Tidak sekadar menyajikan kuliner, pameran Jagantara juga memperkenalkan sejarah kuliner Tanah Air yang begitu kaya.

Pengenalan sejarah kuliner tersebut hadir melalui talkshow ‘Food Writing & Storytelling’ bersama Jurnalis Senior Harian Kompas sekaligus penulis Ir Andreas Maryoto, dan Food Writer Kevindra Soemantri. Selain talkshow, ada pula etalase buku resep kuno yang dapat dijumpai pengunjung di lokasi pameran.

“WBI berkolaborasi dengan Museum Boga Indonesia dan Bapak Andreas sebagai kolektor menghadirkan koleksi buku resep kuno di pameran Jagantara,” kata Kevindra Soemantri saat ditemui MNC Portal di Pameran Jagantara di ASHTA District 8, kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (31/7/2022).

(Foto: MPI/ Siska)


Kevindra menambahkan, memang masih belum banyak orang yang peduli terhadap sejarah kuliner Nusantara. Padahal, kuliner juga termasuk budaya bangsa yang penting untuk dilestarikan.

“Artefak atau harta kuliner Indonesia masih tersebar di mana-mana dan masih menjadi kepemilikan pribadi. Tantangannya adalah menyatukan itu semua. Semoga dengan adanya Jagantara ini bisa menjadi starting point yang bagus,” ujarnya.

Ia pribadi berharap, pameran Jagantara ini bisa membantu memajukan budaya-budaya Nusantara, termasuk kuliner.

(Foto: MPI/ Siska)


“Jagantara yang sangat saya suka adalah dia diadakan di Ashta, tempat modern di jantung modern lifestyle Indonesia dan menampilkan kain tradisional, makanan tradisional, itu nilai kuat dari sini,” ungkap Kevindra.

“Semoga dengan adanya Jagantara eksposur terhadap budaya lokal lebih dihargai. Karena seperti yang kita tahu bahwa semua negara maju di dunia tidak ada yang tidak menghargai budayanya,” kata dia.

Sebagai informasi, pameran Jagantara (Jaga Warisan Budaya) ini diinisiasi oleh Warisan Budaya Indonesia (WIB) Foundation. Kali ini, pameran telah memasuki hari ketiga. Pameran ini sendiri digelar di Ashta District 8, Jakarta, mulai 30 Juli 2022 hingga 21 Agustus mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini