Share

Kalori Nasi Dingin dengan Nasi Panas, Sama Saja atau Sangat Berbeda Ya?

Wiwie Heryani, MNC Portal · Senin 01 Agustus 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 298 2640065 kalori-nasi-dingin-dengan-nasi-panas-sama-saja-atau-sangat-berbeda-ya-19XzRQV5fC.JPG Kalori Nasi Dingin dengan Nasi Panas, (Foto: Freepik)

Kalori Nasi Dingin dengan Nasi Panas, harus diperhatikan setiap kali kita mengonsumsi nasi. Mengingat, nasi merupakan makanan pokok hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Biasanya, masyarakat Indonesia kerap menyajikan nasi yang panas untuk disandingkan dengan berbagai macam lauk, agar lebih menggugah selera makan. Namun, ada juga beberapa orang yang terkadang harus menyajikannya dalam keadaan sudah dingin. Baik dingin karena tidak didiamkan di rice cooker, atau pun karena dibawa sebagai bekal makan siang anak sekolah dan para pekerja.

Meski berbeda secara suhu, ternyata kandungan kalori dalam nasi putih baik nasi dingin atau panas ternyata tidak ada perbedaan. Berdasarkan Daftar Bahan Makanan Penukar (DBMP), kalori nasi dingin dan nasi panas, ukuran per 100 gram itu sama- sama mengandung 175 kalori, tidak ada bedanya. Dengan catatan, mengonsumsi nasi putih tidak berlebihan, sesuai dengan porsi dan jumlah kebutuhan.

Lantas, adakah perbedaan antara menyantap nasi dalam keadaan panas atau dingin? Apakah berpengaruh untuk kesehatan? Dilansir dari laman Yesdok, Senin (1/8/2022) nasi panas mengandung gula yang tinggi (High GI) yang lantas mudah diserap oleh tubuh. Hal ini mengakibatkan kita jadi lebih mudah cepat lapar.

(Kalori Nasi Dingin dengan Nasi Panas, Foto: Freepik)

Sementara, nasi dingin akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar. Hal ini dikarenakan pati resisten yang tinggi membuat proses pencernaan cenderung melambat. Maka dari itu, bagi Anda yang sedang diet, mengonsumsi nasi putih dapat membantu menurunkan berat badan.

Hal senada juga diungkapkan oleh dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, seperti dilansir dari laman dokter sehat, dijelaskan bahwa kandungan gula pada nasi dingin ternyata lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi yang masih panas. Fakta ini kemudian dianggap sebagai cara terbaik bagi pengidap diabetes yang ingin mengonsumsi nasi.

Dokter Juwalita juga mengatakan, memang banyak penelitian yang berhasil membuktikan bahwa nasi yang dibiarkan pada suhu ruangan cenderung memiliki indeks glikemik yang rendah dibanding kadar gula pada nasi panas.

 BACA JUGA:Cara Memasak Beras Shirataki yang Rendah Kalori, Pas untuk Diet!

BACA JUGA:Perbedaan Kalori Roti Gandum dan Kalori Roti Tawar Biasa

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini