Share

Pameran Jagantara, Sketcher Travel Ajarkan Masyarakat Bercerita lewat Sketsa

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2022 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 612 2639814 pameran-jagantara-sketcher-travel-ajarkan-masyarakat-bercerita-lewat-sketsa-fxh6IRd2xs.jpg Nugraha Pratama. (Foto: MPI)

WARISAN Budaya Indonesia (WBI) Foundation menampilkan Pameran Jaga Warisan Nusantara (Jagantara) untuk mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga warisan Indonesia. Jagantara pun memperlihatkan ragam wastra Indonesia, kuliner, serta jajanan lokal, pameran Jagantara ini juga menghadirkan workshop.

Travel Sketcher Nugraha Pratama pun mengajak pengunjung belajar bercerita lewat sketsa atau gambar bersama. Sebagai seorang Travel Sketchrr, Nugraha telah berkeliling Indonesia dan bercerita lewat gambar.

Dalam kesempatan itu, Nugraha mengungkapkan bahwa bercerita lewat gambar dan tulisan itu sama. Bedanya adalah, cerita-cerita tersebut dituangkan melalui gambar yang bercerita. Bagaimana sih caranya?

Buku Jagantara

“Sama seperti menulis, kita harus tahu cerita apa yang mau kita angkat. Setelah itu, kita tentukan subjeknya,” kata Nugraha di Pameran Jagantara di ASHTA District 8, kawasan SCBD, Jakarta.

Untuk membuat sketsa, terutama yang menceritakan tentang sebuah perjalanan ke daerah atau kuliner tertentu, Nugraha juga memerlukan riset. Tak jarang, riset itu berlangsung dengan cara mengobrol dengan subjeknya.

Hal tersebut dia lakukan demi memperkaya karya ilustrasinya. Di kesempatan yang sama, Nugraha juga membagikan tipsnya bila ada anak-anak muda yang tertarik jadi ilustrator, terutama Travel atau Food Sketcher.

“Cobalah menerjemahkan apa yang kita lihat ke dalam kertas secara pelan-pelan. Karena menggambar itu juga perlu latihan. Semakin banyak melihat, berlatih, tangan akan semakin luwes,” ujarnya.

Menurut dia, hal yang paling penting dalam belajar menggambar adalah minat. “Jangan terintimindasi harus mirip dengan yang asli. Menggambar itu perlu proses dan latihan,” kata Nugraha.

Selain belajar membuat sketsa atau ilustrasi makanan, ada pula acara melukis dan mewarnai untuk anak-anak, hingga belajar aksara Jawa. Tak ketinggalan penampilan DJ yang memeriahkan pameran Jagantara di Ashta District 8 di malam Senin.

Sebagai informasi bahwa pameran Jagantara (Jaga Warisan Budaya) ini diinisiasi oleh Warisan Budaya Indonesia (WIB) Foundation. Kali ini, pameran telah memasuki hari ketiga. Pameran ini digelar mulai 30 Juli 2022 hingga 21 Agustus 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini