Share

Jagantara Bawa Budaya Indonesia Lebih Dekat dengan Anak Muda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 612 2639857 jagantara-bawa-budaya-indonesia-lebih-dekat-dengan-anak-muda-RDwQbvbcIv.jpg Jagantara. (Foto: Aldhi Chandra/MPI)

WARISAN budaya yang dimiliki Indonesia memang tidak hanya harus dipelihara oleh mereka yang sudah berumur, tapi juga anak muda. Anak muda punya peran penting dalam menjaga dan merawat budaya suatu bangsa.

Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation pun memiliki divisi anak muda dari yayasan non-profit untuk memastikan generasi penerus mengenal dengan baik apa yang dimiliki Indonesia.

Melibatkan banyak anak muda dalam pelaksanaannya, Jagantara hadir di tengah-tengah kaum urban mencoba mendekatkan budaya Indonesia dengan kehidupan anak muda. Itu kenapa, pihak yang terlibat didominasi generasi muda.

"Kami coba menciptakan trendsetter bahwa budaya Indonesia yang sudah semestinya kita jaga dan rawat bisa hadir dekat dengan kehidupan anak muda. Makanya Jagantara diciptakan," kata Ketua Divisi Anak Muda WBI Foundation Audy Pratama saat diwawancarai MNC Portal, beberapa hari lalu.

Pendekatan modern menjadi pilihan Audy dan tim dari Divisi Anak Muda WBI Foundation meracik Jagantara. Pemilihan venue di Ashta District 8 SCBD Jakarta, menghadirkan guest star dan live DJ, hingga mengenalkan koleksi fashion yang memadukan etnik dan modernisasi, bakal Anda lihat di Jagantara ini.

Jagantara

"Tak bisa dipungkiri, anak zaman now khususnya anak Jakarta itu suka party dan kami coba ramu ketertarikan anak muda itu sehingga hadirlah Jagantara. Tujuan kami jelas bahwa dengan cara anak muda, budaya Indonesia bisa tetap lestari dan terjaga, bahkan bisa diaplikasikan dalam hidup anak muda," tambah Audy.

Wakil Ketua Divisi Anak Muda WBI Foundation Celina Hadiningrat menambahkan, dengan hadirnya Jagantara, WBI Foundation berharap lahir tren baru di tengah masyarakat bahwa mengenakan pakaian bernuansa Wastra Nusantara bukan sesuatu yang kaku atau kolot.

"Kita sekarang bisa kok party pakai kain atau tampil dengan pakaian dengan statement kain Wastra Nusantara misalnya. Jagantara ingin memperlihatkan bahwa itu berhasil dan kita sebagai generasi muda tetap keren dengan tren tersebut," ungkap Celina.

Di sisi lain, MNC Portal berhasil mewawancarai Fashion Desainer Wilsen Willim yang mengaku 'amazed' dengan Jagantara, karena coba mengaplikasikan budaya Indonesia ke dalam kultur modern anak muda sekarang.

"Menurut aku, adanya aksi anak muda kembali mengenakan wastra Nusantara itu sesuatu yang 'strong'. Itu kenapa, aku juga coba menciptakan koleksi yang memadukan batik dengan material lainnya," terang Wilsen.

"Koleksi semacam ini adalah 'my own version' dari menggabungkan wastra Nusantara dengan pakaian kekinian nan minimalis sesuai DNA aku sendiri. Ya, semoga banyak anak muda yang ikut dalam aksi positif ini," tambahnya.

Pun dijelaskan oleh Amanda Stamboel, owner brand perhiasan AMSTAMB, bahwa semakin ke sini banyak anak muda yang memang memberi perhatian pada produk lokal, which is itu bagus. "Beberapa koleksi aku ini memang banyak dilirik anak muda. Terlebih karena desain yang klasik tapi tetap terlihat modern saat dikenakan," terang Amanda.

Amanda sendiri menjelaskan bahwa perhiasan buatannya itu 100 persen menggunakan material yang didapat dari alam Indonesia, juga pengrajin semua orang Indonesia. Ini yang membuat dia semakin yakin bahwa Indonesia memang sangat kaya.

Jagantara

"Bahkan, saat aku pelajari lebih dalam soal perhiasan, khususnya yang ada di banyak daerah di Indonesia, wow luar biasa. Setiap perhiasan itu punya cerita di balik pembuatannya, bahkan bentuknya pun punya filosofi sendiri," ungkap Amanda terkesima.

So, semoga aksi nyata anak muda mencintai dan merawat, serta melestarikan budaya Indonesia seperti yang digaungkan Jagantara bisa semakin masif di masyarakat. Tertarik join dalam gerakan positif ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini